Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hari Anak Sedunia, Presiden Jokowi: Ideologi Pancasila Harus Terselip di Permainan Tradisional

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 21 November 2020 07:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 21 620 2313478 hari-anak-sedunia-presiden-jokowi-ideologi-pancasila-harus-terselip-di-permainan-tradisional-i60rr61nvi.jpg Presiden Jokowi (Foto : Instagram/@jokowi)
A A A

Hari Anak Sedunia 2020 mengambil tema 'Menata Kembali Masa Depan Anak'. Di momen ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap generasi penerus bangsa semakin memahami nilai dan ideologi Pancasila.

Jokowi menjelaskan, penting bagi anak-anak ditanamkan nilai Pancasila dan itu bisa dilakukan melalui permainan tradisional.

"Nilai-nilai Pancasila dan ideologi bangsa harus terus ditanamkan kepada anak-anak kita sedini mungkin. Nilai-nilai Pancasila harus masuk menjadi karakter dan perilaku sehari-hari anak kita," kata Jokowi melalui keterangan resminya, Jumat (20/11/2020).

Oleh karenanya, sambung Jokowi, nilai-nilai tersebut tidak cukup hanya diceramahkan, namun harus diinternalisasikan ke dalam hati dan pikiran anak-anak. Hal tersebut dilakukan melalui cara anak-anak, dunia anak-anak, yaitu dunia bermain.

Presiden Jokowi

Bermain sendiri adalah hak anak, hak untuk bergembira dan bersenang-senang bersama teman-temannya.

"Bertepatan dengan Hari Anak Sedunia mari kita jadikan momentum untuk memperkenalkan kekayaan budaya bangsa, nilai-nilai Pancasila sejak dini melalui dunia anak, dunia bermain," pesan Jokowi.

Baca Juga : Sejarah Hari Anak Sedunia yang Diperingati Setiap 20 November

Dia pun menambahkan bahwa anak-anak Indonesia memerlukan lebih banyak lagi jenis permainan yang bisa menjadi media untuk membangun dialog dalam keluarga, menguatkan ikatan orangtua dan anak, serta mampu memperkenalkan mereka dengan budaya agar cinta Indonesia.

"Saya berharap permainan Panca Main dapat diperkenalkan lebih luas di lembaga-lembaga pendidikan untuk mempopulerkan Pancasila kepada anak-anak sejak dini," harapnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini