Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Covid-19 Lebih Mampu Menular 5 Hari Pertama Setelah Gejala

Diana Rafikasari, Jurnalis · Selasa 24 November 2020 16:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 620 2315123 covid-19-lebih-mampu-menular-5-hari-pertama-setelah-gejala-buvhxPwXL2.jpeg (Foto: Okezone.com/Shutterstock)
A A A

Pandemi Covid-19 masih melanda dunia, termasuk Indonesia. Masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus corona seperti rajin mencuci tangan, menggunakan masker dan physical distancing.

Ketika seseorang terkena Covid-19, tentu pasien perlu menjalani perawatan serta isolasi agar tidak menularkan kepada orang lain. Pasien Covid-19 juga perlu waspada saat masa awal setelah gejala ditemukan.

Melalui penelitian, ditemukan pasien Covid-19 paling menular lima hari pertama setelah timbulnya gejala. Walaupun materi genetik dari virus corona baru masih dapat dideteksi dalam sampel pernapasan atau tinja pasien Covid-19, tidak ada partikel virus yang ditemukan setelah sembilan hari timbulnya gejala.

 Pandemi Covid-19 masih melanda dunia, termasuk Indonesia.

Penelitian ini diterbitkan dalam Lancet Microbial Journal. "Ini adalah tinjauan sistematis dan meta-analisis pertama yang secara komprehensif memeriksa dan membandingkan viral load dan pelepasan untuk tiga virus corona manusia ini,” kata pemimpin penulis studi Muge Cevik dari Universitas St Andrews di Inggris.

"Ini memberikan penjelasan yang jelas mengapa SARS-CoV-2 menyebar lebih efisien daripada SARS-CoV dan MERS-CoV dan jauh lebih sulit untuk ditahan,” lanjut Cevik dilansir dari Times Now News, Selasa (24/11/2020).

Baca juga: 5 Manfaat Jambu Biji yang Jarang Diketahui

Follow Berita Okezone di Google News

Para peneliti menyarankan bahwa sebagian besar peristiwa penularan virus terjadi sangat awal, dan terutama dalam lima hari pertama setelah timbulnya gejala. Oleh karena itu, para peneliti mementingkan kebutuhan isolasi diri segera setelah mulai melihat gejala.

"Kami juga perlu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang berbagai gejala yang terkait dengan penyakit, termasuk gejala ringan yang mungkin terjadi lebih awal selama infeksi dibandingkan gejala yang lebih menonjol seperti batuk atau demam,” jelas Cevik.

Peneliti menilai faktor-faktor kunci yang terlibat dalam periode penularan pasien Covid-19 seperti viral load, lamanya seseorang mengeluarkan materi genetik virus (RNA) dari patogen, dan isolasi virus hidup. Mereka menyimpulkan, peraturan pemerintah di banyak tempat isolasi selama 10 hari sejalan dengan temuan mereka.

Dalam analisis mereka, para peneliti memasukkan 98 studi yang memiliki lima atau lebih peserta, studi kohort, dan uji coba terkontrol secara acak - 79 berfokus pada virus corona baru, 73 di antaranya hanya mencakup pasien yang dirawat di rumah sakit - delapan pada virus pandemi SARS 2002-03 dan 11 tentang infeksi virus corona MERS.

Para peneliti lebih lanjut mencatat bahwa viral load virus corona baru tertinggi terdeteksi pada awal perjalanan penyakit, pada saat gejala mulai, atau sebelum gejala hari kelima.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini