Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deteksi Covid-19, Akurasi Tes PCR Benar-Benar 100 Persen?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 03 Desember 2020 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 03 620 2321009 deteksi-covid-19-akurasi-tes-pcr-benar-benar-100-persen-HIREg7QF62.jpg Tes swab PCR (Foto : Okezone)
A A A

Di Indonesia ada dua metode pemeriksaan deteksi Covid-19 yang diterapkan pemerintah, Rapid Test dan PCR Test. Dua metode pemeriksaan ini punya kekhasan tersendiri.

Dokter Spesialis Patologi Klinik Primaya Hospital Bekasi Timur dr Muhammad Irhamsyah, SpPK, menjelaskan bahwa metode rapid itu tes cepat, dan PCR adalah tes deteksi materi genetic virus. "Prinsip-prinsip tes laboratorium tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing," papar dr Irhamsyah dalam keterangan resmi yang diterima Okezone, Kamis (3/12/2020).

Rapid Test sendiri ada dua metode, pertama tes rapid antibodi dengan menggunakan sampel darah atau serum, dan metode rapid test kedua ialah tes rapid antigen dengan menggunakan sampel swab.

Rapid Test

Baca Juga : 5 Cara Mengatasi Cemas Akibat Covid-19

Keunggulan rapid test sendiri ialah hasil deteksi cepat (dalam hitungan menit), mudah dilakukan, dan murah. Namun, kelemahannya adalah keakuratan hasil yang terkadang masih menjadi pertanyaan di masyarakat.

"Keakuratan suatu tes sangat dipengaruhi faktor seberapa sensitif dan seberapa spesifik suatu alat untuk mendeteksi suatu penyakit. Selain itu, menilai keakuratan metode rapid tes seharusnya perlu diperhatikan faktor seorang pelaksana tes yang memang kompeten, pelaksanaan waktu, dan lokasi yang tepat, serta prosedur pelaksanaan tes yang tepat dan benar," papar dr Irhamsyah.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara itu, untuk PCR yaitu deteksi material genetik SARS-CoV2 melalui pengambilan swab pada nasofaring dan orofaring. Prinsip pemeriksaan alat PCR ini adalah mendeteksi materi genetik virus (RNA) secara berulang-ulang sehingga memakan waktu proses hitungan jam dan hasilnya bisa kita lihat secara real time.

"Secara singkat, tes PCR atau tes materi genetik lain adalah suatu metode deteksi penyakit Covid-19 yang paling akurat dan diandalkan saat ini karena prinsip deteksinya menggunakan teknologi yang canggih," ujar dr Irhamsyah.

Rapid Test

Hasil pemeriksaan PCR merupakan metode tes dengan hasil keakuratan hingga 100 persen. Namun, dr Irhamsyah mengatakan, meski akurasinya 'sempurna', tetap saja ada hal yang membuat hasil tes tidak maksimal.

"Faktor yang memengaruhi hasil akurasi pemeriksaan PCR tes seperti faktor jenis sampel, ketepatan teknik pengambilan sampel, penanganan atau penyimpanan sampel, transport sampel ke laboratorium, sumber daya manusia yang melakukan analisis, prinsip tes alat deteksi, quality control alat, serta standar prosedur operasional yang sesuai dan tepat," terang dr Irhamsyah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini