Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Cara Cegah Anak Terinfeksi Covid-19 di Masa Pandemi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 23 April 2021 07:42 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 620 2399039 9-cara-cegah-anak-terinfeksi-covid-19-di-masa-pandemi-Tl6Zh7JNWR.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Selama masa pandemi peran serta orangtua sangat penting untuk mencegah anak-anak terinfeksi Covid-19. Meski proporsi anak yang mengalami gejala berat lebih sedikit dibandingkan orang dewasa, namun tidak menutup kemungkinan anak-anak dapat terinfeksi Covid-19.

Konsultan Respirologi Anak dari Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr. Nastiti Kaswandani, Sp.A(K), mengatakan selain dapat menyebabkan kematiann, anak juga bisa menjadi sumber penularan Covid-19 bagi orang-orang di sekitarnya.

Baca Juga : Anak Terinfeksi Covid-19, Benarkah Sembuh Lebih Cepat dari Orang Dewasa?

Dokter Nastiti pun membagikan beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para orangtua, untuk melindungi buah hatinya agar tidak terinfeksi Covid-19. Di antaranya, adalah:

Anak Pakai Masker

1. Mempraktekkan protokol kesehatan ketika keluar rumah.

2. Tidak mengajak anak keluar rumah, kecuali untuk hal-hal yang penting. Seperti ke rumah sakit untuk imunisasi, atau acara keluarga yang sangat penting.

3. Ajari anak mengenakan masker. Orangtua bisa melihat ketika anak menggunakan masker di rumah, bisa tahan berapa lama. Kalau anak itu tidak terlalu tahan berlama-lama menggunakan masker, maka jangan ajak anak keluar untuk acara yang cukup lama.

4. Ajari anak untuk bisa menjaga jarak dengan orang lain dan rajin untuk melakukan cuci tangan.

5. Orang dewasa yang sudah masuk indikasi prioritas untuk vaksinasi, maka lengkapi vaksinasinya sampai dua kali, sehingga tidak menjadi sumber penularan di rumahnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini