Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Upaya Pemerintah Redam Laju Covid-19, Masyarakat Pegang Peran Kunci

Siska Permata Sari, Jurnalis · Jum'at 09 Juli 2021 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 620 2437835 4-upaya-pemerintah-redam-laju-covid-19-masyarakat-pegang-peran-kunci-qJ2kRvY1EW.jpg

Catatan data angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia, per hari ini, Kamis 8 Juli 2021 sudah menyentuh angka 63.760 orang.

Merespon angka kematian yang meningkat tajam, pemerintah Indonesia mencoba melakukan sederet upaya untuk meredam lajunya angka kasus kematian akibat Covid-19.

Seperti dikatakan Jubir Satgas Covid-19, Prof Wiku Adisasmito dalam siaran langsung Keterangan Pers Harian PPKM Darurat Kamis (8/7/2021), sejauh ini untuk penanganan lonjakan angka kasus kematian yang berimbas karena angka kasus positif Covid-19 yang semakin tinggi, pemerintah Indonesia fokus kepada empat upaya.

Prof Wiku

1. Menambah jumlah tenaga kesehatan.

2. Distribusi pasien sesuai gejala.

3. Konversi tempat tidur pasien.

4. Pembuatan rumah sakit darurat.

Baca Juga : Kasus Kematian Akibat Covid-19 Meningkat di 9 Provinsi, Ini Penyebabnya

Prof Wiku menegaskan, sederet upaya yang dilakukan pemerintah untuk menekan laju angka kematian akibat Covid-19 ini tidak akan berjalan optimal jika tak dibarengi dengan upaya pencegahan dari seluruh elemen masyarakat Indonesia.

“Kebijakan mencegah angka kematian tinggi harus diikuti partisipasi masyarakat untuk taat melakukan upaya preventif, sesuai yang tertuang di peraturan,” kata Prof Wiku, dikutip dari akun chanel Youtube BNPB.

Terakhir, Prof Wiku mengingatkan bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif namun tak mengalami gejala atau hanya mengalami gejala ringan, cukup menjalani isolasi mandiri.

“Apabila ada anggota masyarakat merasakan gejala mirip Covid-19, segera pergi ke puskesmas terdekat. Jika setelah didiagnosis positif dan gejalanya ringan bahkan tak ada, maka lakukanlah isolasi mandiri dengan komunikasi intensif untuk pengawasannya,” tutupnya.

(hel.-)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini