Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Umur Berapa Anak Sebaiknya Diajarkan Cara Memakai Masker?

Kevi Laras, Jurnalis · Jum'at 18 Maret 2022 00:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 17 620 2563546 umur-berapa-anak-sebaiknya-diajarkan-cara-memakai-masker-fSezmt5ZaE.jpg Ilustrasi Masker untuk Anak. (Foto: Shutterstock)

SALAH satu cara melindungi diri dari virus Covid-19 yang paling efektif adalah dengan menggunakan masker. Oleh karena itu, masker wajib digunakan di ruang publik.

Tidak cuma orang dewasa, anak-anak pun juga harus mengenakan masker, lantaran mereka menjadi salah satu kelompok yang rentan terpapar Covid-19. Tapi, umur berapakah sebaiknya anak-anak diajari cara memakai masker?

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengatakan anak usia di atas dua tahun dapat menggunakan masker atau respirator.

"Anak-anak berusia 2 tahun ke atas dapat memakai masker atau respirator untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain dari Covid-19," keterangan dalam website resmi CDC.

Secara umum, virus Covid-19 atau apa pun menyebar melalui droplet atau percikan dari produk saluran pernafasan seperti percikan ingus, bersin dan batuk, maka orang yang wajib menggunakan masker adalah mereka yang mengalami demam, orang yang sedang flu/batuk/bersin, dan orang yang sedang dalam pemulihan dari sakit.

Pilih masker atau respirator yang pas dan nyaman yang dapat dikenakan anak dengan benar. Ketika masker atau respirator tidak nyaman mungkin dipakai secara tidak benar atau sering dilepas, dan itu akan mengurangi manfaat yang diharapkan, maka perlu lakukan ini;

-Pilih ukuran yang pas di atas hidung anak dan di bawah dagu tetapi tidak mengganggu penglihatan.

-Ikuti petunjuk pengguna untuk masker atau respirator. Petunjuk ini mungkin menunjukkan cara memastikan produk pas dengan benar.

-Beberapa jenis masker dan respirator mungkin terasa berbeda jika anak Anda terbiasa memakai kain atau masker prosedur sekali pakai.

Meskipun respirator tersedia dalam ukuran lebih kecil, biasanya dirancang untuk digunakan oleh orang dewasa di tempat kerja. Oleh karena itu mungkin belum diuji untuk penggunaan luas pada anak-anak.

Maka sebagai orang tua, perlu tindakan pengamanan, antara lain; Jika anak memiliki kondisi medis, seperti masalah jantung atau paru-paru, tanyakan kepada penyedia layanan kesehatan.

Sebelum mereka menggunakan metode untuk meningkatkan kesesuaian masker atau menggunakan masker ASTM F3502 atau respirator.

Kemudian, jika anak mengalami kesulitan bernapas, pusing, atau memiliki gejala lain saat menggunakan masker ASTM F3502 atau respirator, bisa memilih masker kain atau masker sekali pakai. Mereka harus terus melindungi diri mereka sendiri dan orang lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini