Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali 7 Gejala Omicron yang Terjadi Meskipun Sudah Divaksin

Kevi Laras, Jurnalis · Senin 18 April 2022 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 18 620 2581039 kenali-7-gejala-omicron-yang-terjadi-meskipun-sudah-divaksin-Ul2U3UWH8D.jpg Ilustrasi Covid-19. (Foto: Freepik)

VARIAN Omicron memang telah mendominasi persebaran Covid-19. Varian Omicron memang terkenal sebagai varian yang paling mudah menular. Bahkan, varian ini pun memiliki turunan BA.2.12 dan BA.2.12.1.

Meskipun lebih mudah menular, tapi tingkat keparahan yang dihasilkan oleh varian Omicron memang cenderung lebih rendah. Apalagi, bagi mereka yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 lengkap hingga booster.

Tapi, bukan berarti mereka yang sudah divaksin tidak akan terpapar Covid-19. Lantas, seperti apa gejala varian Omicron meski sudah divaksinasi?, Berikut penjelasannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Nyeri Tenggorokan

Dalam infeksi Covid-19 yang diinduksi Omicron, banyak dari mereka mengeluh tenggorokan gatal atau sakit. Ini tidak terlihat selama gelombang Covid-19 sebelumnya. Walaupun mereka sudah divaksinasi atau belum, sama-sama bisa mengalami itu.

Hidung Meler

Meskipun pilek adalah gejala dari sejumlah masalah kesehatan, prevalensinya selama infeksi Covid-19 lebih terlihat. "Data kami menunjukkan bahwa ketika tingkat Covid-19 tinggi, kemungkinan pilek karena infeksi virus corona tinggi. Tetapi ketika tingkat Covid-19 rendah, itu cenderung menjadi gejala penyebab lain seperti pilek atau alergi," kata laporan tahun 2021 oleh ZOE COVID Study dilansir dari Times of India.

Bersin Terus Menerus

Bersin hampir sama dengan gejala alergi akut atau flu biasa, tetapi hubungannya dengan infeksi Covid-19 jauh lebih terlihat selama gelombang Omicron daripada pada gelombang sebelumnya. Sebuah laporan oleh studi ZOE COVID bahwa orang divaksinasi menunjukkan gejala ini lebih banyak daripada mereka yang tidak disuntik

Batuk

Salah satu gejala persisten Covid-19 yang terlihat di gelombang ketiga. Batuk kering terjadi lebih sering dalam satu jam atau lebih 24 jam. Terjadi selama gelombang ketiga ini, ketika sebagian besar orang sudah divaksinasi.

Sakit Kepala

Tanda kunci lain dari infeksi Omicron adalah sakit kepala. Nyeri menusuk atau berdenyut terlihat menjadi kejadian umum selama gelombang Omicron.

Nyeri Otot atau Badan

Gejala yang umumnya jarang diketahui masyarakat, nyeri tubuh dan nyeri otot dilaporkan di sebagian besar kasus selama gelombang ketiga.

โ€œSatu dari tiga orang yang sakit Covid-19 akan mengalami nyeri otot yang tidak biasa. Ini lebih sering terjadi pada orang dewasa berusia 16-65 (41%) daripada anak-anak (15%) atau mereka yang berusia di atas 65 (36%). Hanya 2% orang yang sakit Covid-19 melaporkan nyeri otot sebagai satu-satunya gejala mereka," ungkap penelitian ZOE COVID.

Hidung Tersumbat

Dikatakan sebagai gejala paling umum selama tahap awal infeksi, mual juga terlihat pada orang yang divaksinasi. Begitu juga pada orang terinfeksi kembali Covid-19, setelah terinfeksi pada gelombang sebelumnya akan merasa mual.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini