Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menparekraf Minta Pembangunan Pariwisata Andalkan Warga di Sekitar Tempat Wisata

Shelma Rachmahyanti, Jurnalis · Senin 29 Agustus 2022 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 29 620 2656882 menparekraf-minta-pembangunan-pariwisata-andalkan-warga-di-sekitar-tempat-wisata-lZNuiw0e2o.jfif Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Okezone.com/Kemenpar)
A A A

JAKARTA - Menparekraf Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Desa Wisata Pulau Pahawang, Marga Punduh, Pesawaran, Lampung. Sandiaga kagum dengan transformasi usaha di desa wisata tersebut.

"Ternyata di sini saya temukan sebuah transformasi masyarakat pertanian menuju masyarakat yang mengandalkan pariwisata, jadi ekonomi ekstraktif sekarang ditopang oleh ekonomi kreatif," uja Sandiaga, Senin (29/8/2022).

Baca Juga: Tiket Pulau Komodo Rp3,7 Juta Ditunda, Pelaku Wisata Ajak Turis Kembali Liburan ke Labuan Bajo

Pada kunjungan tersebut, Sandiaga menemui sepuh bernama Barmawi yang telah berusia 77 tahun. Sandiaga berbicang-bincang soal sejarah Pulau Pahawang yang menjadi tempat kelahiran Barmawi.

Selain itu, Menparekraf juga memberikan alat semprot pestisida ke Barmawi yang sehari-hari biasa berkebun.

Baca Juga: Tiket Masuk Pulau Komodo Kembali ke Tarif Lama, Wisatawan Lokal Rp75 Ribu

"Saya ingin menggali lebih banyak dari kakek Barmawi ini tentang Pulau Pahawang," ujar Sandiaga Uno.

Follow Berita Okezone di Google News

Menurutnya, setiap pembangunan yang ada harus tetap merangkul masyarakat setempat. Dia pun memberikan contoh soal pariwisata yang berbasis masyarakat.

"Jadi seandainya kita mengembangkan pola homestay, bukan semuanya digantikan oleh resort-resort besar, tapi di pusat-pusat pariwisata itu mengandalkan homestay, mengandalkan sarana hunian pariwisata milik masyarakat, makanannya, kerajinannya juga dibeli oleh para wisatawan," ucapnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini