Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polwan Jadi Kapolres, Dinilai Buah Komitmen Kapolri dalam Kesetaraan Gender

Kiswondari, Jurnalis · Selasa 27 Desember 2022 11:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 27 620 2734907 polwan-jadi-kapolres-dinilai-buah-komitmen-kapolri-dalam-kesetaraan-gender-tSEbpTRozd.jpg Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Dok Okezone)
A A A

JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah mempromosikan pangkat sejumlah polisi wanita (polwan), mulai Kapolres hingga menjadi jenderal. Hal ini tertuang dalam empat surat telegram tentang mutasi untuk 704 personel Polri yang baru saja dirilis.

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menuturkan, dengan kebijakan itu Kapolri benar-benar mewujudkan komitmen kesetaraan gender di Polri.

“Apresiasi keputusan Kapolri yang turut memberi akses kepada Polwan untuk mendapat karier terbaik di Polri. Dari sini dapat kita lihat bahwa Kapolri sungguh-sungguh wujudkan kesetaraan gender di tubuh Polri,” kata dia kepada wartawan, yang dikutip Selasa (27/12/2022).

Dirinya menilai bahwa hal seperti ini bukan sekedar formalitas belaka, karena ia melihat bahwa Kapolri saat ini benar-benar memprioritaskan anggotanya yang punya kapasitas, tanpa memedulikan laki-laki atau perempuan.

Follow Berita Okezone di Google News

“Upaya kesetaraan di Polri ini bukan hanya formalitas ‘pemenuhan kuota’ belaka. Karena poin utama dari kesetaraan adalah soal distribusi akses yang adil dan bebas dari diskriminasi,” ujar Sahroni.

“Jadi (pemerataan akses) ini memberi sinyal bahwa Kapolri benar-benar melihat kapasitas dan kualitas. Sebab bukan zamannya lagi promosi karena popularitas, kedekatan, dan gender semata,” tutup dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini