Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diduga Diracun, Raja Afsel Misuzulu kaZwelithini Jalani Perawatan di Eswatini

Rahman Asmardika, Jurnalis · Senin 03 Juli 2023 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2023 07 03 620 2840516 diduga-diracun-raja-afsel-misuzulu-kazwelithini-jalani-perawatan-di-eswatini-ppl9B4N8Eg.jpg Raja Zulu Misuzulu KaZwelithini. (Foto: BBC)
A A A

RAJA Afrika Selatan (Afsel) Zulu Misuzulu kaZwelithini dirawat di rumah sakit di negara tetangga Eswatini setelah diduga diracun. Insiden ini terjadi menyusul kematian mendadak salah seorang penasihatnya yang juga diduga mengalami keracunan.

Menurut Kepala Suku Mangosuthu Buthelezi, Raja Misuzulu kaZwelithini memilih dirawat di Eswatini karena tidak merasa nyaman dirawat di Afsel.

"Ketika Yang Mulia mulai merasa tidak enak badan, dia curiga bahwa dia juga mungkin telah diracuni. Dia segera mencari perawatan medis di Eswatini. Saya diberitahu bahwa Yang Mulia merasa tidak nyaman mencari perawatan di Afrika Selatan, karena kedua orang tuanya telah menerima perawatan di Afrika Selatan dan kemudian meninggal," kata Kepala Buthelezi.

Namun, keterangan itu bertolak belakang dengan pernyataan juru bicara resmi raja yang mengatakan bahwa Misuzulu kaZwelithini dalam kondisi “kesehatan sempurna”. Juru bicara itu mengatakan bahwa raja saat ini tidak berada di rumah sakit dan "kepanikan yang tidak perlu" tidak boleh terjadi.

Sejauh ini tidak ada dugaan bahwa ada anggota keluarga kerajaan yang berada di balik dugaan peracunan Raja Misuzulu kaZwelithini.

Raja Misuzulu kaZwelithini dimahkotai di depan ribuan rakyatnya pada Oktober tahun lalu.

Follow Berita Okezone di Google News

Tetapi perebutan kekuasaan yang ganas telah berkecamuk di dalam keluarga kerajaan atas aksesi pria berusia 48 tahun itu. Baru-baru ini ketegangan juga muncul antara raja dan Kepala Suku Buthelezi.

Raja Zulu tidak memiliki kekuatan politik formal dan peran raja dalam masyarakat Afrika Selatan yang lebih luas sebagian besar bersifat seremonial. Meski begitu, dia tetap sangat berpengaruh dengan anggaran tahunan yang didanai pemerintah sebesar beberapa juta dolar. 

Sebuah faksi dalam keluarga menantang klaimnya atas takhta di pengadilan, bersikeras bahwa dia bukan ahli waris yang sah dari mendiang ayahnya, Raja Goodwill Zwelithini, yang meninggal pada Maret 2021.

Mereka bersikeras bahwa putra mendiang raja lainnya, Pangeran Simakade, harus menjadi raja.

Raja Zwelithini memiliki enam istri dan setidaknya 26 anak.

Misuzulu kaZwelithini adalah keponakan dari Raja Eswatini Mswati III - satu-satunya raja absolut Afrika.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini