Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

9 Misteri dalam Islam: Lailatul Qadar, Waliyullah hingga Kiamat

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Rabu 13 Mei 2020 09:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 13 620 2213240 9-misteri-dalam-islam-lailatul-qadar-waliyullah-hingga-kiamat-HCWbxqOVJD.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock
A A A

TIDAK semua diungkapkan secara gamblang dalam Islam, contohnya malam Lailatul Qadar tidak dijelaskan kapan tibanya. Tentunya hal tersebut tetap dijadikan misteri oleh Allah SWT karena suatu alasan.

Dikutip dari laman NU Depok pada Rabu (13/5/2020), Rais Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Ahmad Ishomuddin mengatakan, sedikitnya terdapat sembilan misteri dalam Islam.

Dirahasiakannya atau disamarkannya berbagai perkara dalam urusan agama Islam karena ada hikmah atau tujuan baik yang bermanfaat bagi manusia beriman di balik perkara-perkara itu. Lalu apa saja sembilan perkara yang jadi misteri itu, berikut ulasannya:

(1) ليلة القدر (Lailat al-qadr)

Lailat al-qadr yang terjadi pada malam-malam Ramadlan dirahasiakan agar orang-orang yang puasa menghidupkan keseluruhan malam itu dengan ibadah dan amal baik. Al-Qur’an tidak menjelaskan dengan pasti kapan tepatnya Lailat al-Qadr itu terjadi, demikian pula Rasulullah shalla Allahu ‘alaihi wa sallam.

(2) الصلاة الوسطى (al-shalat al-wustha)

Al-shalat al-wustha dirahasiakan dalam shalat-shalat agar orang menjaga semua shalatnya itu.

Baca Juga: 3 Tingkatan Pahala Ibadah di Malam Lailatul Qadar 

(3) ساعة الإجابة (Saat dikabulkannya doa)

Saat doa dikabulkan pada hari Jumat dirahasiakan, agar orang mau berdoa pada keseluruhannya.

(4) رضاء (Keridlaan Allah)

Keridlaan Allah tetap menjadi rahasia bagi manusia dalam ketaatan kepada-Nya agar orang yang taat semakin bersemangat melaksanakan segala bentuk ketaatan.

(5) الإسم الأعظم (Nama yang Maha Agung)

Al-ism al-a’dzam dirahasiakan pada nama-nama Allah agar manusia mengingat, menyebut, dan memanggil Tuhan mereka dengan semua nama-Nya.

(6) الولي (Kekasih Allah)

Para kekasih Allah yang sejati di antara orang-orang yang beriman dirahasiakan, sulit diketahui dengan pasti. Hal ini agar kita semua memupuk sikap berbaik sangka (husnu al-dzann) kepada setiap orang yang beriman.

Baca Juga: Deretan Prediksi Lailatul Qadar, di Masjidil Haram Malam 27 Ramadhan 

(7) مجيء الساعة (Waktu terjadinya hari kiamat)

Kapan kepastian hari kiamat tiba tetap menjadi rahasia, tidak seorang pun tahu termasuk ustadz asli maupun palsu. Hal tersebut tetap jadi misteri agar manusia senantiasa berbuat baik dan taat karena merasa kuatir kiamat akan segera tiba.

(8) أجل الإنسان (Ajal manusia)

Saat pasti datangnya kematian atau ajal manusia dirahasiakan oleh Allah agar setiap manusia selalu mempersiapkan diri menyambutnya dengan memperkokoh iman dan amal baik sebanyak-banyaknya.

(9) غضبه (Murka Allah)

Kemarahan Allah disembunyikan dalam setiap perbuatan durhaka makhluk kepada-Nya, agar para pendurhaka itu bertaubat, segera menyesali, berjanji tidak lagi mengulangi, dan menjaga diri dari segala bentuk kemaksiatan.

Follow Berita Okezone di Google News

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini