Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Riwayat Penyakit Aktor Nick Cordero Sebelum Meninggal Dunia, Sempat Koma hingga Diamputasi

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 620 2242386 riwayat-penyakit-aktor-nick-cordero-sebelum-meninggal-dunia-sempat-koma-hingga-diamputasi-kKBaXcy3TI.jpg Nick Cordero. (Foto: Instagram Amanda Kloots)
A A A

AKTOR Broadway Nick Cordero meninggal dunia. Sebelumnya, nominator Tony Award 2020 ini dinyatakan negatif corona dua kali.

Meninggalnya Nick Cordero menjadi pembelajaran bagi semua orang. Sebab, aktor berusia 41 tahun tersebut meninggal dunia tanpa penyakit penyerta, seperti diabetes atau obesitas. Fakta ini diungkapkan istrinya, Amanda Kloots.

"Riwayat penyakit Nick menjadi pengingat untuk kita semua bahwa anak muda dengan tanpa penyakit penyerta bisa tetap meninggal dunia akibat Covid-19," lapor New York Post.

Baca Juga: Pakai Sarung Tangan saat Pandemi Covid-19, Efektif atau Malah Mindahin Virus?

nick

Ya, riwayat penyakit Nick coba diuraikan Amanda dalam penjelasan berikut ini:

1. Akhir Maret Nick Cordero dan keluarga pindah dari New York ke Los Angeles. Tak berselang lama, dia mengeluhkan sangat lelah dan karena itu Nick menghabiskan banyak waktu di tempat tidur.

2. Pada 26 Maret, Nick pingsan setelah mengganti popok anaknya yang bernama Elvis. Segera setelah itu dia dibawa ke klinik kesehatan.

3. Tak dirawat, Nick jalani rawat jalan dengan catatan; kalau empat hari tidak membaik, Nick mesti datang lagi ke klinik.

4. Pada 30 Maret, Amanda mengutarakan bahwa Nick mulai kesulitan bernapas. "Saya membawanya ke Cedars-Sinai dan di sini ia jalani rawat inap,” kata Amanda.

5. Sehari kemudian, pemain "A Bronx Tale" itu dipindahkan ke unit perawatan intensif, didiagnosa koma dan kemudian diinduksi secara medis dan diintubasi, meskipun tes Covid-19 menyatakan hasil negatif.

6. Setelah enam hari menggunakan ventilator di pusat medis Cedars-Sinai di LA, Cordero menunjukkan tanda-tanda perbaikan. Hal tersebut tak mengejutkan istrinya karena dia yakin sang suami sehat.

Follow Berita Okezone di Google News

7. Namun, beberapa waktu kemudian Nick kehilangan denyut nadinya selama 2 menit. Karena itu, dia menghabiskan lima hari berikutnya dibantu mesin oksigenasi membran ekstrakorporeal (ECMO) yang memompa dan mengoksigenasi darahnya. Ya, Nick koma.

8. Pada pertengahan April, aktor ini diamputasi kaki kanannya untuk memperbaiki masalah aliran darah.

9. Pada akhir bulan, Amanda mengumumkan di Instagram Story-nya, Nick mengalami kemajuan. Kondisi ini kembali membuat Amanda yakin Nick bisa benar-benar pulih, setelah melewati masa sangat sulit; dua kali dites negatif Covid-19.

Baca Juga: Nick Cordero Meninggal karena Corona, Istri: Hatiku Hancur

10. Akhirnya, pada 12 Mei, setelah lebih dari sebulan dirawat intensif, dua stroke mini, infeksi septik, jamur paru-paru, dan memasukkan alat pacu jantung sementara, Cordero terbangun dari komanya.

11. Berita baik ini tak bertahan lama, karena pada awal Juni Nick kembali masuk rumah sakit karena harus menjalani perawatan sel induk.

12. Selama sisa bulan Juni, Amanda terus memposting pembaruan Instagram tentang kesehatan Cordero dan menyanyikan lagu Elvis Presley "Got a Lot o 'Livin' to Do!" setiap hari jam 3 malam waktu setempat.

13. Pada 5 Juli, ketika dikelilingi oleh keluarga, Cordero menyerah pada komplikasi yang disebabkan oleh virus mematikan.

"Tuhan memiliki malaikat lain di surga-Nya sekarang. Suamiku tersayang meninggal pagi ini,” Amanda mengumumkan. "Aku akan mencintaimu selamanya dan selalu jadi kekasihku."

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini