Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hamba yang Bertobat Akan Allah Mudahkan dan Dimasukkan ke Surga

Riyadi Akmal, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 620 2250884 hamba-yang-bertobat-akan-allah-mudahkan-dan-dimasukkan-ke-surga-WMs0JSuJqY.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

TOBAT adalah kembali taat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Kemudian menyesal dengan bersungguh-sungguh terhadap dosa yang dilakukan, serta memohon ampunan dari Allah Ta'ala. Setiap manusia diharuskan bertobat untuk menyucikan diri dari dosa besar dan kecil yang disengaja ataupun tidak.

Ustadz Dr Khalid Basalamah, ulama lulusan Arab Saudi, mengatakan Allah Subhanahu wa ta'ala memerintahkan hamba-Nya bertobat dengan segera.

Baca juga: Puasa Arafah atau Bayar Utang Ramadhan Dulu Ya? 

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا عَسَىٰ رَبُّكُمْ أَنْ يُكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّئَاتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ يَوْمَ لَا يُخْزِي اللَّهُ النَّبِيَّ وَالَّذِينَ آمَنُوا مَعَهُ ۖ نُورُهُمْ يَسْعَىٰ بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَبِأَيْمَانِهِمْ يَقُولُونَ رَبَّنَا أَتْمِمْ لَنَا نُورَنَا وَاغْفِرْ لَنَا ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan tobatan nasuhaa (tobat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: 'Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu'." (QS At Tahrim: 8)

Ustadz Khalid Basalamah mengibaratkan, kalau ada seseorang sudah ada di lautan dan akan tenggelam, maka tidak ada yang bisa menyelamatkan kecuali kapal. Apabila tidak segera naik ke atas kapal itu pasti akan segera tenggelam.

Baca juga: Tak Disangka, Lelaki Ini Dapat Berangkat Haji di Tengah Pandemi Covid-19 

Ia menjelaskan, kapal tersebut adalah tobat, karena orang yang sedang terjerumus dalam dosa sebenarnya adalah orang yang sudah akan tenggelam dan akan meninggal dunia tanpa disadari.

"Ibaratnya seperti orang yang minum racun tapi dia tidak sadar kalau racun itu berbahaya. Jika tidak segera diobati maka pasti dia segera meninggal," papar Ustadz Khalid Basalamah, dikutip dari akun resmi Instagram-nya @khalidbasalamahofficial, Kamis (23/7/2020).

Follow Berita Okezone di Google News

Dia melanjutkan, Allah Subhanahu wa ta'ala sangat menyayangi dan memudahkan hamba-Nya dengan cara bertobat kepada-Nya dan kembali ke jalan yang benar yaitu jalan yang diridhoi Allah Ta'ala.

Allah Subhanahu wa ta'ala akan memaafkan segala kesalahan hamba-Nya dan di akhirat kelak hamba-Nya akan dimasukkan ke surga-Nya. Subhanallah, Mahabesar Allah Subhanahu wa ta'ala atas segala kehendak-Nya.

Wallahu a'lam.

Baca juga: Haji Dibatasi, Raih Takwa dengan 3 Amalan di Bulan Dzulhijjah Ini 

Ilustrasi Muslimin. (Foto: Shutterstock)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini