Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Covid-19 Kembali Naik, Yuk Cegah Penyebarannya dengan Protokol VDJ

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 05 Agustus 2020 18:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 05 620 2257567 kasus-covid-19-kembali-naik-yuk-cegah-penyebarannya-dengan-protokol-vdj-8xR9qZR0DD.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

PANDEMI virus corona Covid-19 masih belum mereda. Bahkan di beberapa wilayah kasus baru Covid-19 kembali naik dan menciptakan sejumlah klaster baru di masyarakat.

Biomedical Scientist dan Co-Founder Pandemic Talks, Mutiara Anissa, mengatakan penambahan kasus positif Covid-19 tersebut disebabkan oleh adanya aktivitas manusia. Aktivitas tersebut terjadi sesuai dengan tuntutan kebutuhan masing-masing individu.

Baca Juga: Cantiknya Mutiara Anissa, Ahli Biologi Molekuler Corona Covid-19 asal Indonesia

masker

“Saya paham tidak semua orang bisa tetap bertahan di dalam rumah. Saya merasa selain memakai masker dan rajin mencuci tangan, dan menjaga jarak cara ini masih kurang cukup,” terang Anissa, dalam acara “Kenali Protokol VDJ untuk cegah Covid-19 bersama Okezone, Rabu (5/8/2020).

Dari situasi itulah lahirlah protokol yang disebut dengan VDJ yang merupakan singkatan dari ventilasi, durasi, dan jarak. Anissa mengatakan, protokol ini sebenarnya sudah ada sejak Juni 2020 dan berguna untuk melengkapi protokol kesehatan yang sudah ada sebelumnya.

“VDJ lahir karena pernyataan WHO yang menyebut penyebaran di dalam ruangan. Makanya lahirlah ventilasi. Untuk durasi, makin lama menghabiskan waktu dengan orang positif Covid-19 maka akan semakin berisiko, jadi durasi ini sangat penting sekali,” lanjutnya.

Baca Juga: Kena Ganjil Genap dan Terpaksa Naik Transportasi Umum? Yuk Simak Tipsnya

jaga jarak

Komponen terpenting ketiga dari protokol kesehatan VDJ adalah jarak antara satu individu dengan individu lainnya. Anissa mengatakan apabila masyarakat mampu melaksanakan ketiga hal tersebut maka risiko tertular Covid-19 jauh lebih rendah.

“Bayangin kalau nongkrong di luar rumah sampai berjam-jam, tak ada social distancing, maka risikonya akan jauh lebih besar. Soal ventilasi kurang banget isunya untuk dinaikkan, disosialisasi dan dimodifikasi. Padahal ini sangat penting bagi para pekerja yang ada di gedung dan yang naik kendaraan umum,” tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini