Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KH Ma'ruf Amin: MUI Saluran Silaturahim Ormas Islam

Minggu 09 Agustus 2020 14:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 09 620 2259350 kh-ma-ruf-amin-mui-saluran-silaturahim-ormas-islam-wX5sqiXDXE.jpg KH Ma'ruf Amin. (Foto: Twitter @Kiyai_MarufAmin)
A A A

DALAM momen peringatan milad ke-45 Majelis Ulama Indonesia, Ketua Umum MUI KH Ma'ruf Amin mengatakan MUI patut bersyukur karena berhasil menjadi saluran silaturahim antar-ormas Islam. Ada sekira 70 ormas Islam di dalam MUI yang terdiri dari beragam corak mazhab yang berbeda-beda, namun minim sekali konflik internal yang terjadi di dalamnya.

KH Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa apa yang dicapai MUI sudah luar biasa. MUI telah berusia 45 tahun dan masih sehat, bugar, kompak, serta kukuh.

Baca juga: Kisah Seorang Muslim Bebas dari Hukuman Potong Tangan Berkat Saksi Unta 

"Ini sesuatu yang tidak mudah, padahal MUI terdiri dari berbagai macam ormas Islam yang tentu ada perbedaan, ada kesamaan, tetapi dengan izin Allah, dengan kemampuan yang kita lakukan, kita masih bisa mengelola MUI ini masih tetap utuh," ucap KH Ma'ruf Amin, Jumat 7 Agustus 2020, dikutip dari MUI.or.id.

Oleh karena itu, Kiai Ma'ruf berharap jangan sampai nasib MUI seperti perhimpunan-perhimpunan lain yang usianya tidak lama akibat adanya selisih paham antartokoh.

Menurut Kiai Ma'ruf, MUI sudah lama membangun kesamaan pandangan di dalam organisasi. Kesamaan pandangan yang kerap disebut 'taswiyatul manhaj' itu masuk dasar organisasi MUI.

Ia melanjutkan, taswiyatul manhaj ini membuat terbangunnya toleransi terhadap pendapat yang berbeda, sepanjang perbedaan itu masih dalam koridor 'mukhtalaf fiih'. Tetapi, tentu saja tidak akan diberikan toleransi kalau itu sudah mujma’ alaih.

"Ini landasan berpikir yang sudah kita letakkan. Karena itu kita sudah mengendalikan, tidak adanya ananiyah, ego kelompok, ananiyah jama'iyah, ananiyah ashabiyah, ahsbiyah jama'iyah, ashabiyah kelompok, ini kita bisa," katanya.

Baca juga: 7 Amalan yang Selalu Dikerjakan Rasulullah: Sedekah hingga Istigfar 

Salah satu bukti kepaduan MUI itu ditunjukkan dari proses perumusan fatwa selama ini. Meskipun ulama di Komisi Fatwa MUI Pusat berasal dari corak beragam, fatwa yang muncul hampir selalu utuh, tidak ada dissenting opinion.

"Ini satu hal yang harus kita syukuri. Karena itu kewajiban kita bisa menjaga MUI karena MUI adalah terdiri dari kesepakatan-kesepakatan banyak ormas Islam. Kita harus menjaga ini. Jangan sampai MUI mengalami nasib yang sama seperti perhimpunan-perhimpunan atau persatuan-persatuan pada masa-masa yang lampau," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini