Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Manajer Sky Racing Ungkap Pengorbanan Besar Rossi untuk Bantu Pembalap Italia

Ezha Herdanu, Jurnalis · Kamis 19 November 2020 17:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 19 620 2312576 manajer-sky-racing-ungkap-pengorbanan-besar-rossi-untuk-bantu-pembalap-italia-EYjHvN2DAO.jpg Valentino Rossi (Foto: motogp.com)

TAVULLIA – Manajer Tim Sky Racing VR46, Pablo Nieto, mengaku sangat terkesan dengan perjuangan keras yang dilakukan Valentino Rossi untuk membantu para pembalap muda asal Italia. Bahkan demi bisa mendirikan akademi balap VR46, Rossi rela keluar uang yang sangat banyak.

Sebagaimana diketahui, Rossi memang memutuskan untuk mendirikan akademi balapnya sendiri yang diberi nama VR46. Tujuan utama Rossi mendirikan akademi balap VR46 adalah membantu agar para pembalap muda Italia bisa tersalurkan bakat-bakatnya.

Terlebih dalam 10 tahun terakhir, kejuaraan dunia MotoGP memang didominasi oleh para pembalap berkewarganegaraan Spanyol. Keputusan Rossi mendirikan akademi balap tersebut pun bisa dikatakan sangat tepat.

Valentino Rossi dan para pembalap akademi VR46

Pasalnya dengan adanya akademi balap tersebut, para pembalap muda asal Italia kini memiliki ‘sekolah’ untuk meningkatkan level mereka sebelum mentas di kelas Moto3, Moto2, atau bahkan MotoGP. Akademi balap V46 sendiri beriisikan delapan hingga 10 pembalap muda nan berbakat asal Italia

Baca Juga: Joan Mir Akui Punya Gaya Balap yang Mirip dengan Valentino Rossi

Program Rossi pun tersebut pun mulai membuahkan hasil positif. Sebab pada saat ini banyak pembalap baik yang jebolan atau masih dalam naungan akademi VR46 meraih kesuksesan. Contohnya adalah Francesco Bagnaia dan Franco Morbidelli yang kini sudah turun di kelas MotoGP.

Sementara untuk MotoGP 2021 bakal ada dua pembalap jebolan akademi VR46 yang bakal berpartisipasi. Kedua nama tersebut adalah Enea Bastianini dan Luca Marini yang sama-sama bakal membela Tim Reale Avintia Ducati di musim depan.

Nietto yang melihat langsung perjuangan keras Rossi dalam mendirikan akademi balap VR46 pun berkomentar. Nietto menilai bahwa apa yang sudah diperjuangan Rossi selama ini akhirnya mulai membuahkan hasil-hasil luar biasa.

“Formula kesuksesan Vale adalah kerja keras, dan akademi ini bekerja sangat baik dengan sistem yang efektif dan membuat level performa para rider meningkat tiap pekan,” sanjung Nietto, seperti disadur dari GPOne, Kamis (19/11/2020).

“Ada kompetisi di antara mereka dan inilah yang membuat level mereka naik, bahkan level Vale sendiri. VR46 punya 9 pembalap, termasuk Vale. Mereka sering berkendara. Latihan di Misano pakai R6 dan R1, latihan di The Ranch pakai flat track, latihan motocross pada musim dingin, latihan minibike di sirkuit gokart, dan bahkan juga latihan gokart itu sendiri,” lanjutnya.

Baca Juga: Jadwal MotoGP Portugal 2020, Siapa yang Bakal Berkuasa di Seri Pamungkas?

“Keseluruhan program ini membuat semua pembalap naik motor setiap hari, dan inilah yang bikin mereka makin cepat. Akademi ini merupakan ide cemerlang dari Vale, dan ia harus menginvestasikan banyak uang untuk program ini.”

“Kami mulai dengan turun di kejuaraan Spanyol dan FIM CEV, dan kemudian membentuk tim balap dengan begitu banyak talenta muda Italia yang menjanjikan. Sponsor memang membantu, tapi kejuaraan itu tidak seperti kejuaraan dunia, di mana Anda harus investasi banyak uang. Kini Vale mulai memetik buah dari program yang ia ciptakan,” tutup pria asal Italia itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini