Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Abram Lembono Terkenal di AS Lewat Musik Tradisional

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 31 Juli 2021 11:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 31 620 2448854 abram-lembono-terkenal-di-as-lewat-musik-tradisional-GxTXOtBPIB.jpg Abram Lembono. (Foto: YouTube)

ABRAM Lembono, seorang pianis dan komposer asal Indonesia yang berbakat. Yuk kenalan lebih dekat!

Alumni Berklee College of Music di Boston ini adalah salah satu musisi Indonesia paling terkenal di generasinya. Debutnya pertama kali dikenalkan oleh Warner Music.

Pria asal Garut ini merupakan mantan pianis utama juga arranger untuk band Art of Tree. Penghargaan yang didapat Abram lumayan banyak, salah satunya pernah mendapatkan nominasi AMI Awards.

Penggemarnya datang dari berbagai kalangan dan usia. Tak heran kalau tiket konser Lembono di Festival Java Jazz pun selalu terjual habis. Rekor empat kali berturut-turut, yaitu pada 2013, 2014, 2015, dan 2016.

Pada 2016, Lembono menerima undangan untuk belajar di Berklee College of Music, Boston, sekolah jazz paling terkenal di dunia. 

Setelah di Boston, ia mendapat Beasiswa Prestasi Berklee dan Beasiswa Penghargaan Divisi Storyk-Molho, cap persetujuan yang didambakan hanya diberikan kepada dua siswa Berklee terbaik dalam setahun.

Dari situ, Lembono semakin mendapat banyak tawaran pertunjukan hingga aransemen lagu. Di balik kesuksesannya, Lembono memilih menjadi pengajar musik.

“Saya bersyukur dengan kesuksesan di negara Indonesia dan semua penghargaan di Amerika Serikat, dan saya ingin memberikan kembali kepada masyarakat,” ujarnya. 

“Dan mengajar menjadi jawaban yang ideal," lanjut dia.

Baca Juga: Pindah ke AS, Maia Estianty Cari Rumah di Kawasan Berkeley

Tak main-main, Lembono mengajar di Berklee City Music, salah satu organisasi pendidikan musik terkemuka di AS. Ia menciptakan metode pengajaran piano yang inovatif berdasarkan imitasi gong tradisional Indonesia dan fenomena Sinestesia.

Ia berhasil mengajarkan metode ini kepada siswa muda di Amerika Serikat. Metode ini telah membuatnya menjadi pengajar piano dengan permintaan tinggi di Amerika Serikat.

Lembono menggunakan kondisi neurologis genetik, mengubah menciptakan kode warna yang unik untuk membantu murid-muridnya melihat musik melalui warna.

"Dalam skala C mayor, saya melihat nada C sebagai biru muda, D sebagai ungu yang tenang, E sebagai hijau yang bersemangat, F sebagai abu-abu muda yang memiliki nada mellow, G sebagai oranye dengan perasaan ceria, ”jelas Lembono .

Sementara itu, di Indonesia Lembono juga memberikan serangkaian masterclass di Sekolah Musik Aminoto Kosin dan Sekolah Musik Purwacaraka.

Lembono juga seorang dosen musik di Universitas Pelita Harapan. Ia merevolusi program jazz sekolah ini dan membantu memajukan jurusan musiknya.

“Siswa saya sekarang belajar untuk “melihat” musik, jadi mereka mencoba untuk “melukis” dengan suara yang membuat prosesnya ajaib," tambahnya.

"Tidak ada lagi bermain piano seperti robot, tidak ada lagi tangga nada yang tidak berarti dan membosankan.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini