Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sebulan Alami Pendarahan Otak, Tukul Arwana Mulai Bisa Kunyah Makanan

Lintang Tribuana, Jurnalis · Senin 25 Oktober 2021 20:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 25 620 2491586 sebulan-alami-pendarahan-otak-tukul-arwana-mulai-bisa-kunyah-makanan-MvDx7tqosP.jpg Tukul Arwana (Foto: IG Tukul Arwana)

JAKARTA - Presenter Tukul Arwana menunjukkan perkembangan pesat pasca sebulan menjalani operasi karena pendarahan otak. Pria 58 tahun ini sudah mulai bisa mengunyah makanannya sendiri.

"Oh iya progres baik lainnya adalah beliau sudah bisa mengunyah. Kemarin-kemarin kan belum bisa, susah untuk mengunyah," ujar Rizky Kimon, ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Senin (25/10/2021).

Baca Juga:

Belum Bisa Bicara, Tukul Arwana Komunikasi Pakai Bahasa Isyarat

Berat Badan Tukul Arwana Turun Drastis Usai Jatuh Sakit

Tukul Arwana

Tetapi untuk asupan makanan, Tukul juga masih harus dibantu dengan selang nasogastric tube (NGT), yaitu selang lunak yang dipasang melalui hidung menuju lambung.

Untuk makanan yang bisa dikonsumsi Tukul pun masih harus bertekstur lembut. Tentu agar dia mampu belajar mengunyah makanan.

"Kalau makanan pasti yang halus-halus. Puding, buah, jus, bubur, terus makanan khususnya beliau yang diberikan setiap hari," tuturnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Tukul dirawat di RS Pusat Otak Nasional (PON) Cawang, Jakarta Timur sejak 23 September. Sang presenter mengalami hipertensi hingga menyebabkan pecah pembuluh darah di otak.

Tim medis kemudian memutuskan untuk segera melakukan operasi. Usai menjalani perawatan intensif, Tukul diperbolehkan pulang dari rumah sakit pada 16 Oktober lalu.

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini