Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pentingnya Deteksi Dini Kanker, Tingkatkan Harapan Hidup Pasien

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 02 November 2021 12:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 02 620 2495386 pentingnya-deteksi-dini-kanker-tingkatkan-harapan-hidup-pasien-xQ3yArxsGE.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

HINGGA saat ini penyakit kanker memang belum memiliki obat. Biasanya mereka yang terkena kanker harus menjalani kemoterapi jika sudah memasuki stadium lanjut. Tapi, kanker memang bisa disembuhkan jika memang masih stadium awal.

Kanker pun menyerang tidak memandang usia dan jenis kelamin, banyak juga anak-anak yang mengalami kanker di usia dini, seperti kanker darah atau leukemia. Oleh karena itu, deteksi dini leukemia dan kanker lainnya yang ditemukan pada anak-anak dianggap sangat penting untuk mengurangi risiko kematian apabila ditemukan pada stadium dini.

"Kanker dapat disembuhkan atau dikurangi risiko kematiannya, bila ditemukan pada stadium dini dan ditangani dengan cepat dan tepat," kata dokter spesialis penyakit dalam subspesialis hematologi onkologi medik dari Universitas Indonesia, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, Sp.PD-KHOM, FINASIM, FACP melalui siaran persnya.

Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia (YKI) itu berpendapat, deteksi dini kanker perlu menjadi perhatian serius seluruh unsur masyarakat, terlebih karena pengobatan kanker pada stadium lanjut amatlah mahal dan sulit.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) insiden leukemia menempati angka 15,7 persen di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Data Global Burden of Cancer (GLOBOCAN) pada tahun 2018 memperkirakan kasus baru leukemia di Indonesia pada anak laki-laki berumur 0-19 tahun sekitar 33.5 persen dan anak perempuan 31 persen dari semua jenis kanker pada anak.

Ketua Bidang III Pendidikan dan Penyuluhan YKI, dr. Yurni Satria, M.Phil, MHA mengatakan, gejala leukemia pada anak cenderung sangat samar dan menyerupai gejala penyakit ringan biasa. Menurut dia, pemahaman yang lebih baik mengenai ciri awal leukemia pada anak diperlukan agar kanker bisa segera ditangani dan diobati bahkan mungkin disembuhkan.

Data American Childhood Cancer Organization memperlihatkan, prognosis 5 tahunan dari leukemia pada anak berada pada kisaran di atas 85 persen pada jenis leukemia akut dan mencapai 60 persen pada kasus leukemia kronis.

Prognosis 5 tahunan berarti pasien diasumsikan dapat bertahan hidup lebih dari 5 tahun. Pada stadium 1 prognosis, umumnya bisa mencapai angka di atas 90 persen.

"Hanya disayangkan, angka temuan kasus leukemia anak cenderung terjadi pada kasus stadium lanjut. Hanya kisaran 5-10 persen saja kasus leukemia stadium 1 dapat ditemukan karena ciri awal leukemia pada anak ini cenderung ringan dan samar," tutur Yurni.

Follow Berita Okezone di Google News

Dia mengatakan, deteksi dini leukemia bisa dilakukan pada fasilitas kesehatan primer seperti puskesmas yang memiliki laboratorium standar yang bisa memeriksa darah rutin dan ada tenaga analis. Hampir semua puskesmas terutama di tingkat kecamatan memiliki fasilitas ini.

Adapun gejala-gejala leukemia yang perlu diwaspadai antara lain demam tinggi, pucat, nyeri tulang, perdarahan kulit menjadi kebiru-biruan, lebam, perdarahan abnormal seperti mimisan di gusi.

Tanda lainnya yakni nafsu makan menurun, berat badan turun, ada benjolan pada leher, ketiak, selangkangan tanpa nyeri, lemah dan cepat lelah."Jika menemukan kondisi anak seperti gejala tersebut, segeralah memeriksakan ke fasilitas kesehatan," saran Yurni.

Kemudian apabila munculnya gejala dibarengi pembesaran hati dan limpa, maka pasien harus segera menjalani pemeriksaan darah. Jika dokter menemukan sel-sel darah putih muda atau sel blast, maka pasien harus dirujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini