Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

RI Punya 219 'SPBU' Listrik

Oktiani Endarwati, Jurnalis · Selasa 04 Januari 2022 14:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 620 2527243 ri-punya-219-spbu-listrik-3kzd5KqTdB.jpg SPKLU Kendaraan Listrik (Foto: Okezone/Shutterstock)

JAKARTA - PT PLN (Persero) meresmikan 2 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Jakarta. SPKLU tersebut merupakan kolaborasi antara PLN dengan Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Ida Nuryatin Finahari mengapresiasi PLN yang sudah menambah 2 unit SPKLU di awal tahun 2022 ini. Secara total di tahun 2021, sudah terbangun 219 unit SPKLU di seluruh Indonesia di mana PT PLN (Persero) telah membangun 114 unit SPKLU.

Baca Juga: Mobil Anak Bangsa Gandeng MNC Insurance, Ini Pentingnya Punya Asuransi Kendaraan Listrik

"Artinya, sisanya sudah disediakan oleh badan usaha swasta. Untuk kendaraan listrik roda empatnya sampai 2021 kemarin ada sekitar 1.760 unit," ujar pada peresmian SPKLU di Kantor Ditjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (4/1/2022).

Dia melanjutkan, dalam peraturan menteri ESDM Nomor 13 tahun 2020, PLN sebagai BUMN bidang ketenagalistrikan telah diberikan penugasan pertama kali dalam pengembangan infrastruktur pengisian listrik untuk kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB).

"PLN persero dapat bekerja sama dengan badan usaha, maka dari itu PLN perlu terus berkolaborasi dan berinovasi dengan berbagai stakeholder agar terjadi akselerasi implementasi KBLBB ini," ungkapnya.

Baca Juga: Bos Krakatau Posco Temui Erick Thohir, Bahas Industri Kendaraan Listrik RI

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, pembangunan SPKLU ini sejalan dengan upaya transisi energi yang dilakukan pemerintah untuk mencapai target net zero emission (NZE) pada 2060.

Di sisi lain, biaya operasional dari kendaraan listrik ini lebih ekonomis, lebih berwawasan lingkungan, dibandingkan kendaraan dengan menggunakan internal combustion engine atau ICE.

"Sebagai mandat maka PLN juga diminta untuk menyediakan SPKLU stasiun pengisian kendaraan listrik untuk umum di tempat-tempat umum. Saat ini kita sudah terpasang lebih kurang 114 seluruh Indonesia," ungkapnya.

Bob menambahkan, PLN juga memberikan insentif berupa kemudahan untuk penyambungan baru atau tambah daya di rumah-rumah bagi pelanggan pelanggan PLN yang memiliki kendaraan listrik. Kemudahan yang diberi untuk tambah daya hanya sebesar Rp150.000.

"Di dalam pemakaian sehari-hari PLN memberikan diskon 30% untuk pemakaian jam 10 sampai jam 5 pagi. Jadi kita sudah siapkan seperti itu," tuturnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini