Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendag: UMKM Harus Ikut Jualan Lewat Marketplace

Azahra Kaulika Irawansyah, Jurnalis · Selasa 11 Juli 2023 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2023 07 11 620 2844682 mendag-umkm-harus-ikut-jualan-lewat-marketplace-v7MVodtbQm.jfif Mendag Jualan Daring di Media Sosial .(Foto: Okezone.com/Kemendag)
A A A

JAKARTA - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menilai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia harus segera memanfaatkan teknologi. Pasalnya produk UMKM bisa dikenal secara luas di era digital seperti sekarang.

Misalnya dengan berjualan daring di media sosial (live shopping). Mendag pun mencontohkan jualan online produk dan merek lokal seperti pakaian, tas, hingga rendang produksi UMKM melalui live shopping.

Menurutnya, aksi ini sebagai salah satu bentuk dukungan dan komitmen pemerintah dalam memajukan produk dan merek lokal yang kualitasnya kompetitif.

Live shopping tersebut berlangsung di acara Festival Indonesia: Pesta Anak Bangsa di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Hal ini juga disiarkan di akun Instagram @pesta.anakbangsa pada hari yang sama.

“UMKM juga harus ikut berjualan secara digital melalui lokapasar (marketplace). Dengan begitu, pasar untuk produk-produk mereka tidak hanya berada di satu kota, namun dilihat oleh seluruh dunia. Jangkauannya jadi tidak terbatas,” papar Mendag, Selasa (10/7/2023).

Mendag mengatakan, produk dan merek lokal karya pelaku usaha dalam negeri memiliki kualitas yang bersaing dengan produk-produk asing.

“Kualitas produksi yang sudah berada di jalur yang benar ini harus bisa dimaksimalisasi promosinya. Kami terus mendorong para UMKM agar memanfaatkan lokapasar untuk merambah pasar yang lebih luas,” ujarnya.

Produk dan merek yang dipamerkan Mendag saat live shopping antara lain produk perpaduan (fusion) kain tenun dengan busana, tas, dan sepatu dari Mejikuhibiniu. Selain itu, terdapat ragam tas dan wadah ramah lingkungan dari demibumi

Follow Berita Okezone di Google News

Dia juga memamerkan ragam masakan rendang siap saji dari Uni Lili. Mendag Zulkifli Hasan menekankan pentingnya keterlibatan banyak pihak untuk mengembangkan produk dan merek lokal agar memiliki nilai tambah dan daya saing. Menurutnya, kolaborasi menjadi penting, terutama jika ingin mengangkat produk budaya daerah tertentu. Dengan pengemasan yang tepat, produk dan merek lokal yang mengangkat kearifan budaya daerah pun dapat memiliki kesempatan bersaing lebih besar di pasar.

“Hal ini namanya kolaborasi. Banyak yang mendukung. Ada pengusahanya, ada perajinnya. Kata kuncinya adalah kolaborasi,” kata Mendag Zulkifli Hasan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini