Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Perubahan Traveling saat New Normal

Ilham Rachmatullah, Jurnalis · Senin 21 September 2020 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 21 620 2281119 5-perubahan-traveling-saat-new-normal-fyLl9PmXjN.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)
A A A

DI era new normal, sebagian orang sudah mulai berwisata. Namun Anda perlu melakukan perubahan perilaku selama liburan.

Pastinya wisatawan pun kembali untuk melakukan perjalanan liburan di era new normal. Penting sekali juga diingat langkah-langkah yang tepat untuk menjaga lingkungan dan protokol kesehatan yang berlaku saat berlibur

Baca Juga: 4 Restoran Sawah khas Bali, Langganan Artis sampai Presiden Jokowi

Hal ini perlu dilakukan di era new normal, demi kebaikan lingkungan yang sehat dan layak. Serta menjaga diri dari ancaman Covid-19 yang kian mengganas.

Berikut ini Okezone rangkum beberapa ide untuk pengalaman liburan serta perjalanan yang ramah lingkungan di masa keadaan normal baru. Dilansir Okezone dari Indonesia Travel, Senin (21/9/2020).

Jelajahi lingkungan sekitar

liburan

Melakukan kunjungan jarak pendek bisa menjadi cara yang bagus untuk melakukan perjalanan yang ramah lingkungan. Temukan tempat-tempat yang ada di sekeliling Okezoners, misalnya kunjungi museum, berjalan-jalan di taman terdekat, pergi ke kebun binatang bersama keluarga, atau cukup jelajahi sudut-sudut di sekitar tempat tinggal yang belum terjamah. Namun, jika ingin berjalan lebih jauh, Okezoners bisa berkendara ke tempat tujuan wisata lokal. Kemana pun Okezoners pergi, pastikan untuk menjadi wisatawan yang terhormat. Penting untuk menghormati budaya lokal, norma sosial, dan aturan tempat yang Anda kunjungi.

Hindari plastik sekali pakai

Bukan rahasia lagi bahwa jutaan ton plastik telah diproduksi selama beberapa dekade terakhir yang benar-benar berbahaya bagi lingkungan, tetapi orang masih cenderung menghasilkan sampah plastik setiap hari, termasuk saat liburan. Baik saat membeli makanan yang dikemas dalam plastik di bandara, menyeruput minuman favorit dengan sedotan plastik, atau mengambil air kemasan dari plastik setelah berjalan-jalan di sekitar kota, hal itu menyebabkan timbunan sampah plastik menjadi semakin banyak.

Salah satu cara untuk mengurangi sampah plastik adalah dengan melakukan upaya yang dimulai dari diri sendiri dan sadar untuk menghindari plastik sekali pakai di mana pun dan kapan pun bila memungkinkan, terutama dalam hal makanan. Jadi, lebih baik Okezoners dapat menggunakan alat makan sekali pakai sendiri, membawa sedotan stainless steel sendiri yang dapat digunakan kembali, serta membawa tas belanja yang ramah lingkungan sendiri yang dapat terurai.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Siapkan kit atau barang pribadi yang ramah lingkungan sendiri

Wabah Covid-19 telah meningkatkan kesadaran akan praktik sanitasi. Oleh karena itu, satu hal yang penting untuk dibawa dalam perjalanan normal baru adalah perlengkapan sanitasi yang terdiri dari masker, semprotan disinfektan, dan pembersih tangan/hand sanitizer. Namun, untuk menjadi wisatawan yang lebih bertanggung jawab terhadap lingkungan, lebih bijaksana untuk menggunakan kit sanitasi yang ramah lingkungan yang terbuat dari bahan yang aman dan tidak beracun serta yang tidak merusak lingkungan dan memiliki kemasan yang ramah terhadap lingkungan. Dengan demikian, Okezoners tidak hanya akan melindungi diri sendiri dari virus corona, tetapi juga membantu melindungi bumi dari kerusakan lingkungan.

Baca Juga: 

Jelajahi Malang, Intip 4 Spot Sunrise Indah di Pantai hingga Gunung

Nikmati alam bebas sambil menjauh dari keramaian

pantai

Hindari keramaian saat Okezoners ingin melarikan diri ke alam bebas. Ini akan memungkinkan untuk berlatih menjaga jarak secara fisik dan memberi pengalaman perjalanan yang lebih baik pada saat yang bersamaan. Jelajahi setiap sudut dan celah objek wisata yang belum banyak dikunjungi orang seperti air terjun yang tersembunyi, jelajahi sungai, pergilah ke gua, serta mendaki gunung. Okezoners pasti akan menghabiskan waktu yang menyenangkan tanpa harus berdesak-desakan untuk mencari ruang di tempat yang ramai.

Belilah produk lokal

Pembelian produk lokal yang berperan penting dalam mendukung pariwisata berkelanjutan. Dengan membeli secara lokal, Okezoners tidak hanya akan mendapatkan kualitas dan keaslian yang baik, tetapi juga akan mengurangi proses pengiriman karena produk lokal diproduksi oleh masyarakat lokal setempat tanpa harus diangkut dengan kapal tanker atau pesawat yang menyebabkan polusi. Ketika Okezoners berbelanja produk lokal saat bepergian, ini mendukung bisnis dan UKM masyarakat setempat dan berkontribusi pada pengembangan ekonomi lokal.

Ini juga menciptakan peluang kerja berita dan memberi kesempatan untuk terhubung dengan masyarakat lokal setempat dan Okezoners dapat belajar serta memahami lebih banyak tentang budaya lokal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini