Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Takjil Langka Nusantara yang Hanya Dijumpai saat Ramadhan

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Kamis 30 April 2020 10:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 30 620 2207103 5-takjil-langka-nusantara-yang-hanya-dijumpai-saat-ramadhan-fAm4xulPGE.jpg Takjil Ramadhan Es Selendang Mayang (Foto: Npicom)

INDONESIA tak hanya kaya dengan keindahan alamnya, namun kulinernya beraneka ragam. Bulan Ramadhan pun selalu menjadi momen sajian khas Nusantara tampil sebagai takjil berbuka puasa.

Okezoners bisa mencoba membuat takjil khas Nusantara andalan dari akun komunitas traveling Indonesia @backpackerjakarta berikut ini.

1. Es Selendang Mayang

Takjil asal Betawi

Minuman legit khas Betawi ini cukup sulit untuk ditemukan di lapak pedagang. Tampilannya perpaduan antara kue kenyal warna-warni dari tepung beras yang disiram dengan kuah santan dan gula merah cair. Rasanya manis gurih serta mengenyangkan.

(Baca Juga : Ide Takjil Besok, Coba Resep Cinnamon Choco Stick Kekinian Yuk)

2. Bubur Kampiun

Takjil Ramadhan

Kudapan khas Bukittinggi, Sumatera Barat ini terbuat dari campuran beberapa elemen seperti bubur candil, kacang hijau, kolak pisang/ubi, ketan, dan kolang-kaling. Bahan campuran tersebut kemudian disiram kuah santan yang dicampur gula merah cair. Rasanya kian tak tertandingi jika isiannya banyak.

3. Kicak

kicak nikmat

Makanan ini termasuk langka karena hanya dijual saat bulan Ramadhan di Pasar Sore Kampung Kauman, Yogyakarta. Bahannya sederhana karena terbuat dari singkong rebus parut yang ditumbuk halus. Bahan utama ini kemudian dicampur dengan gula merah, parutan kelapa, santan, daun pandan serta potongan buah nangka. Rasanya yang manis dan gurih sangat pas untuk dinikmati ketika berbuka.

4. Asida

Asida kudapan nikmat kala puasa

Bentuk dan rasa Asida terbilang eksotis karena berbentuk bulat kecokelatan dengan rasa rempah kapulaga yang kuat. Kue manis asal Maluku ini hanya disajikan.

(Baca Juga : Manis dan Kenyal, Lezatnya Ongol-Ongol Ubi untuk Takjil Berbuka Puasa)

Adonannya terbuat dari terigu dan air yang dibentuk bola-bola sekepalan tangan. Warna cokelat terbentuk dari saringan air gula merah, kayu manis bubuk, pandan, dan kapulaga. Setelah adonan bulat tadi kalis, bentuklah lubang tepat di tengahnya sembari dilumeri dengan mentega.

5. Ketan Bintul

Ketan Bintul Serang

Ketan Bintul salah satu kudapan khas Ramadhan dari Serang, Banten. Makanan berbahan baku nasi ketan yang ditumbuk dan disajikan dengan taburan serundeng dan kuah rendang daging sapi ini konon merupakan kesukaan para raja Banten.

(Baca Juga : 3 Resep Takjil Ramadhan Pastel Tutup Nan Gurih)

Selain rasanya lezat dan gurih, Ketan Bintul juga bisa mengenyangkan perut setelah berpuasa seharian.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini