Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Seperti Umat Islam, Kelompok Ini Berzakat untuk Bantu Korban Corona

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 07 Mei 2020 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 07 620 2210571 seperti-umat-islam-kelompok-ini-berzakat-untuk-bantu-korban-corona-0pLGPFa9wP.jpg
A A A

Sekelompok profesional dari komunitas Dalit telah mengadopsi cara umat Islam untuk mengalokasikan dana (berzakat) dari pendapatan mereka dan menggunakannya untuk kesejahteraan orang yang kurang beruntung.

Gerakan kebaikan ini diberi nama 'Dalit Zakat'. Konsepnya ialah mereka yang berasal dari kelompok profesional, birokrat, dan pengusaha Dalit yang sebagian besar datang dari Uttar Pradesh, wajib menyumbangkan sebagian kecil pendapatan mereka dan menggunakan dana tersebut untuk membantu anggota masyarakat dengan ekonomi kurang selama lockdown.

"Gerakan tersebut awalnya dilakukan untuk membantu anak muda berbakat dari komunitas dalam mengejar pendidikan tinggi," kata J Ram, seorang pensiunan birokrat dan otak di balik Yayasan Bhartiya Dalit Zakat, menurut laporan Hindustan Times.

Nah, khusus di bulan Ramadhan, sambung Ram, dana yang terkumpul kini dibagikan untuk masyarakat kurang mampu, terutama para migran.

Zakat fitrah

(Baca Juga : Mekkah Lockdown, Pria Ini Duduk Bersimpuh Sendiri di Depan Ka'bah)

Aksi ini terinspirasi ajaran Islam. Jadi, menurut Ram, sebelum Ramadhan datang, organisasi dan ulama Muslim telah menyerukan pada anggotanya untuk membantu orang miskin selama lockdown dengan bersedekah.

Mengetahui hal tersebut, Ram pun mengambil tindakan serupa untuk kelompoknya. Jadi, Yayasan Bhartiya Dalit Zakat yang tersebar di seluruh negara bagian kini mengelola uang yang masuk untuk membantu orang miskin, menyediakan makanan, bahkan memberikan bantuan medis.

"Karena lockdown, kami tidak dapat mengadakan pertemuan karena mayoritas anggota mengikuti pedoman COVID-19 untuk di rumah saja. Nah, untuk menyiasati hal tersebut, kami memanfaatkan teknologi di ponsel untuk mencari orang yang membutuhkan sekaligus menyerahkan uannya," terang Ram.

(Baca Juga : Viral Hadist Nabi Dikaitkan Asteroid Tabrak Bumi pada 15 Ramadhan? Ini Penjelasannya)

Ram menjelaskan, karena sumber daya terbatas, ia sadar betul bahwa tidak mungkin bisa membantu semuanya. Namun, dirinya yakin masih bisa memusatkan perhatian pada orang-orang yang sangat miskin, kehilangan pekerjaan, dan diasingkan dari wilayahnya. Anak-anak juga jadi sasaran utama lainnya.

Selain menyalurkan dana langsung, yayasan ini pun ternyata melakukan aksi kebaikan berupa pemberian kelas keterampilan untuk para perempuan. Gerakan itu disebut dengan 'Ramabai Ambedkar Uthan Samiti'.

(Baca Juga : Lisa Blackpink Dinobatkan sebagai Wanita Tercantik di Asia)

"Gerakan ini pun membantu 300 perempuan Dalit agar mandiri. Mereka diajarkan keterampilan menjahit untuk mendapatkan uang tambahan. Selain kelas jahit, gerakan ini pun akan meluncurkan lebih banyak lagi aksi baik agar perempuan mandiri," papar pengurus Yayasan Dalit Zakat, SP Kureel.

Follow Berita Okezone di Google News

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini