Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tanda Datangnya Lailatul Qadar, Pertama Malam Terasa Tenang

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Selasa 12 Mei 2020 09:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 12 620 2212682 5-tanda-datangnya-lailatul-qadar-pertama-malam-terasa-tenang-ViNAkSrG9w.jpg Ilustrasi. Foto: NPR
A A A

Terdapat satu malam yang sangat istimewa di Bulan Ramadhan, yaitu malam Lailatul Qadar. Umat Islam telah diberitahu bahwa malam tersebut merupakan waktu yang lebih baik dari seribu bulan.

Hal ini sebagaimana firman Allah Swt dalam Surat Al-Qadr: 1-5 yang artinya, “Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Alquran) pada malam qadar. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.” (QS. Al-Qadr: 1-5).

Oleh karena itu jangan heran jika semua umat Islam berharap bertemu malam Lailatul Qadar. Bagaimana tidak, siapa yang pada malam tersebut melakukan suatu kebaikan, maka seolah-olah ia telah melakukan ibadah selama seribu bulan atau sekitar 83 tahun.

Namun sayangnya tidak ada yang bisa memastikan kapan datangnya malam Lailatul Qadar. Meski begitu, dikutip dari laman JATMAN pada Selasa (12/5/2020) Rasulullah Saw telah memberikan tanda-tanda mengenai datangnya malam tersebut dalam sejumlah riwayat hadits, yaitu:

1.Suasanya Tenang

Tanda lainnya adalah udara pada malam itu terasa tenang. Seperti digambarkan Alquran bahwa malam Lailatul Qadar penuh ketenangan. Suasana malam Lailatul Qadar berbeda dengan malam-malam biasanya.

Baca Juga: Dari Rasulullah, Ini Amalan di Malam Lailatul Qadar

Kata Nabi Muhammad Saw, “Lailatul Qadar adalah malam yang terang, tidak panas, tidak dingin, tidak ada awan, tidak hujan, tidak ada angin kencang dan tidak ada yang dilempar pada malam itu dengan bintang (meteor),” (HR. at-Thobroni).

2.Paginya Matahari Bersinar Lemah

Salah satu tanda datangnya malam Lailatul Qadar adalah suasana paginya yang tenang. Dalam hadis riwayat Ibnu Abbas, Nabi Saw bersabda, “Lailatul Qadar adalah malam tenteram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah.”

Ibnu Khuzaimah juga mengatakan bahwa, “Lailatul Qadar ini adalah malam yang tidak panas atau dingin.”

3.Matahari Bak Nampan

Tanda lain setelah datangnya Lailatul Qadar adalah sinar matahari bersinar cerah tapi tidak panas atau terik.

Sahabat Ubay bin Ka’ab menceritakan bahwa Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, “Keesokan hari setelah Lailatul Qodar matahari terbit hingga tinggi tanpa sinar bak nampan.”

Baca Juga: Doa Rasulullah di Malam Lailatul Qadar

Kenapa demikian? Imam An-Nawawi memberikan dua penjelasan. Pertama, memang Allah menginginkannya demikian, Dia ingin matahari terbit istimewa setelah malam yang juga istimewa. Kedua, hal ini disebabkan banyaknya malaikat yang memenuhi langit sehingga menghalangi sinar matahari.

4.Bulan Hanya Sepotong

Dalam sebuah riwayat, Abu Hurairah pernah berbicara dengan Nabi Saw tentang Malam Lailatul Qadar.

Nabi Muhammad Saw mengatakan, “Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan.”

Follow Berita Okezone di Google News

5.Kelima, Hari Ganjil

Tanda lain soal datangnya Lailatul Qadar adalah pada malam-malam ganjil di sepertiga terakhir bulan Ramadhan.

Keterangan ini berasal dari hadits dari Aisyah yang menyebutkan, “Rasulullah Saw beritikaf di sepuluh hari terakhir bulan Ramadan dan ia bersabda, ‘Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadan’,” (HR. Bukhari dan Muslim).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini