Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bali Jadi Awal Percontohan New Normal di Pariwisata, Siapkah Pemda?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 03 Juni 2020 10:57 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 03 620 2223732 bali-jadi-awal-percontohan-new-normal-di-pariwisata-siapkah-pemda-68qXFtpTDE.jpg Ilustrasi. (Foto: Telegraph)

SEKTOR pariwisata di Indonesia akan dihidupkan kembali saat new normal diberlakukan. Nah, salah satu daerah wisata yang disebut-sebut jadi bercontohan adalah Bali.

Direktur Wisata Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Iyung Masruroh, menjelaskan, Bali atau Pulau Dewata memenuhi syarat pertama sebagai pilot project kenormalan baru di sektor pariwisata. Dengan begitu, Bali dianggap siap membuka pariwisata kembali saat new normal berlaku.

bali

Salah satu alasan dipilihnya Bali, lanjut Iyung, dilihat dari kurva kasus Covid-19 di provinsi tersebut sudah landai dalam kurun waktu tertentu. Pembukaan kembali pariwisata Bali dinilai sejalan dengan diberlakukannya protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Dengan begitu, rasa aman dan nyaman tetap dirasakan wisatawan.

Baca Juga: Bali Contoh Penerapan New Normal di Pariwisata, Protokol Kesehatan Jadi Penting

Sejauh ini perumusan Standar Operasional Prosedur (SOP) new normal pariwisata masih digodok. Nantinya, SOP tersebut akan disimulasikan dan disosialisasi ke masyarakat dan pelaku usaha hingga destinasi siap dibuka.

Di sisi lain, Dinas Pariwisata Provinsi Bali menyatakan pihaknya masih fokus dalam penanganan Covid-19. Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa menjelaskan, rencana pembukaan pariwisata di Bali baru akan dibuka jika kondisi keseluruhan sudah kondusif dan terkontrol.

"(Kami) benar benar (akan buka, bila) ada jaminan kasus Covid-19 melandai atau menurun," terangnya saat diwawancarai Okezone melalui pesan singkat, Rabu (3/6/2020).

Baca Juga: Tak Cukup Pakai Surat Sehat, Mau Terbang Juga Harus Lulus Uji PCR

Putu Astawa melanjutkan, pemerintah akan membuka kembali pariwisata Bali berdasarkan situasi perkembangan wabah Covid-19. Meski demikian, Putu Astawa menambahkan pihaknya sudah melakukan persiapan pembukaan pariwisata Bali di New Normal.

"Persiapan sudah kami lakukan, sehingga pada saat declare (pariwisata Bali) dibuka oleh Gubernur Bali, jajaran Pariwisata sudah siap," tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini