Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Uang Rp1.000 Kelapa Sawit Dijual Rp100 Juta, Berikut 10 Koin Termahal di Dunia

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 18 Juni 2020 10:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 18 620 2232060 viral-uang-rp1-000-kelapa-sawit-dijual-rp100-juta-berikut-10-koin-termahal-di-dunia-OvHmtULt50.jpg Uang Koin (Foto: Shutterstock)
A A A

JAKARTA - Masyarakat dihebohkan dengan mahalnya harga uang koin pecahan Rp1.000 bergambar kelapa sawit. Uang pecahan ini pun menjadi viral karena dijual di lapak e-commerce dengan harga puluhan juta hingga Rp100 juta per keping.

Uang koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit ini tahun emisi 1993 dan dinyatakan masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah oleh Bank Indonesia (BI).

Baca Juga: Koin Bergambar Raja Inggris yang Turun Takhta Terjual Rp17 Miliar

Di akun Twitter @bank_indonesia, seorang bertanya kepada BI mengenai uang kelapa sawit tahun 1993. Apakah uang tersebut masih bisa ditukar?

" Assalamualaikum, saya mau nanya jika saya ingin menukarkan nilai uang kepala sawit tahun 1996 di Bank Indonesia masih bisa kah?" tanya Fathan, dikutip dari twitter BI, Senin 15 Juni 2020.

"Hai Fathan, uang pecahan Rp1.000 tahun emisi 1993 bergambar kelapa sawit masih dinyatakan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah di wilayah NKRI sepanjang belum dicabut atau ditarik dari peredaran," jawab BI.

Baca Juga: Mahal Banget! Uang Koin Rp1.000 Kelapa Sawit Dijual Rp100 Juta

Di salah satu situs belanja online dengan nama toko Nafisha04_shop, penjual mengaku telah mengumpulkan uang koin Rp1.000 itu selama 10 tahun.

Maka dari itu, ia mengklaim uang koin Rp1.000 itu mempunyai nilai yang bersejarah.

"Uang koin/logam 1000 gambar kelapa sawit, original koleksi pribadi mengumpulkankan rentan kurun waktu sekitar 10 tahu. jangan melihat harganya , harga seratus juta per keping sebanding dengan historinya cuy," kata penjual di kolom deskripsi.

Penjual uang koin Rp1.000 kelapa sawit itu meminta kepada pengusaha untuk dapat membeli uang koin itu.

"Bagi pengusaha besar, konglomerat yang baik hati karena merasa kebingungan duitnya yg super banyak mau di pakai apa, silahkan di order yang koinya. Murah kok cuman 100jt per keping," tambah dia.

Selain dijual Rp100 juta, ada pula yang menjual uang koin Rp1.000 ini dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Namun, kalian harus tahu sebelum uang koin Rp1.000 kelapa sawit jadi viral karena dijual dengan harga Rp100 juta per keping, ada juga beberapa koin paling berharga dan langka di dunia.

Follow Berita Okezone di Google News

Berikut penjelasannya seperti dirangkum Okezone, Jakarta, Kamis (18/6/2020).

10. Florin

Dikenal sebagai Double Leopard, Florin diperkenalkan pada 1344 oleh Raja Inggris Edward III. Koin itu memiliki nilai enam shilling dan ditujukan untuk digunakan di seluruh Eropa.

Hanya tiga spesimen dari koin ini yang diketahui ada saat ini. Sepotong milik pribadi, yang dijual di lelang pada Juli 2006 seharga USD6,80.000, rekor harga untuk koin Inggris. Dua lainnya dipamerkan di British Museum.

9. Ultra High Relief

Koin ini dirilis dengan nilai nominal USD20 pada tahun 1907. Koin ini dirancang oleh pematung terkenal Augustus Saint-Gaudens.

Kemudian desainnya dimodifikasi berkali-kali dan koin berlanjut hingga 1933. Dua spesimen dari koin 1907 disimpan di museum Smithsonian. Satu spesimen dijual di pelelangan tahun 2005 dengan harga hampir USD3 juta.

8. Half Eagle

The Half Eagle yang diproduksi pada 1822 adalah salah satu koin paling langka dalam sejarah numismatik. Album ini dirilis dalam denominasi USD5 oleh Mint AS Capped Head Half Eagle pada koin dirancang oleh John Reich.

Sekitar 17.796 keping koin emas ini diproduksi, tetapi hanya ada tiga spesimen yang diketahui ada sekarang. Dua di antaranya bertempat di National Numismatic Collection of the Smithsonian Institution. Spesimen lainnya dijual pada tahun 1982 dengan harga hampir tujuh ratus ribu USD.

7. Liberty Head Nickel

Liberty Head Nickel adalah koin lima sen yang dikeluarkan pada tahun 1913. Nickel ini diproduksi tanpa izin dari United States Mint, dan dalam jumlah yang sangat terbatas. Keberadaan koin menjadi pengetahuan publik hanya pada tahun 1920, yang semuanya dimiliki oleh Samuel Brown, mantan karyawan Mint.

Spesimen nikel liberty menjadi koin pertama yang memperoleh harga USD100.000 pada tahun 1972. Pada tahun 1996, spesimen lain menjadi yang pertama yang dibanderol jutaan dolar AS. Hanya lima spesimen koin yang ada sekarang. Spesimen dijual seharga USD3,7 juta pada tahun 2010.

6. Dolar Perak

Koin-koin ini sebenarnya tidak dicetak pada tahun 1804, tetapi pada tahun 1830-an. Menampilkan patung Liberty, koin dolar ini diproduksi sebagai bagian dari hadiah diplomatik untuk Edmund Roberts dalam misi diplomatiknya ke Siam dan Muscat.

Koin-koin ini dibagi menjadi tiga kelas, dan hanya 15 spesimen yang diketahui ada. Spesimen koin kelas satu adalah yang paling berharga. Satu spesimen Kelas satu, yang sebelumnya dimiliki oleh Sultan Muskat, dijual seharga USD4,1 juta pada tahun 1999.

5. Ratu Elizabeth II

Diproduksi pada 2007 oleh Royal Canadian Mint, itu adalah koin pertama di dunia dengan nilai nominal satu juta dolar. Setiap spesimen terbuat dari emas 100 kg dengan kemurnian 99,99%.

Menggambarkan Ratu Elizabeth II di satu sisi dan tiga daun Maple di sebaliknya, mereka dibuat untuk mempromosikan jajaran baru koin emas Daun Maple Kanada. Lima koin telah ditransaksikan sejauh ini. Satu spesimen dijual seharga USD4,02 juta pada pelelangan di Wina pada 2009.

4. Brasher Doubloon

Ini adalah koin emas yang dibuat oleh tukang emas Ephraim Brasher dari New York. Dia menghasilkan koin sendiri, bersama dengan koin tembaga, ketika legislatif negara bagian New York menolak permohonannya untuk mencetak koin tembaga baru.

Ada beberapa varietas, berdasarkan ciri khas Brasher pada koin. Satu spesimen yang memiliki tanda pada dada elang dijual seharga USD7,4 juta pada 2011 dan satu dengan tanda pada sayap elang dijual seharga USD4,5 juta pada tahun 2014. Hanya beberapa koin dari jenis ini yang ada sekarang.

3. Liberty

Koin emas pecahan 20 dolar ini dicetak pada tahun 1933 oleh Amerika Serikat. Namun, itu ditarik pada tahun yang sama, meskipun mencetak lebih dari empat ratus ribu spesimen. Dirancang oleh Augustus Saint-Gaudens, koin tersebut menggambarkan Lady Liberty, memegang obor dan cabang zaitun.

Koin-koin itu tidak pernah beredar dan hampir semua kepingnya meleleh, meskipun beberapa dicuri dan masuk ke tangan para kolektor. Beberapa dari mereka ditemukan dan dihancurkan. Kurang dari 15 spesimen yang ada sekarang, termasuk satu yang dijual seharga USD7,59 juta dalam pelelangan tahun 2002. Rumah-rumah Koleksi Numismatik Nasional AS, dua dan sepuluh lainnya disimpan di Fort Knox.

2. Flowing Hair Dollar

Pertama kali dicetak pada tahun 1794, Flowing Hair Dollar adalah koin dolar pertama yang dikeluarkan oleh pemerintah federal Amerika Serikat. Ini dirancang oleh Robert Scot, ukuran dan beratnya menyerupai dolar Spanyol yang populer saat itu. Koin itu, yang terdiri dari perak dan tembaga, menampilkan patung kebebasan di satu sisi dan elang di sisi lainnya.

Itu diganti tahun berikutnya. Kepentingan dan kelangkaan historis menjadikannya favorit para kolektor. Pada 2013, spesimen mint 1794 dilelang dengan rekor USD10 juta.

1. Double Eagle

Dengan hanya satu spesimen yang ada, koin ini mungkin merupakan koin paling langka dan paling berharga dalam sejarah AS. Ini adalah salah satu dari dua buah percobaan yang menggembar-gemborkan era koin USD20, dijuluki Double Eagles.

Koin itu dicetak pada tahun 1850, meskipun dia dikenakan pada tahun 1849. Produksinya bertepatan dengan awal demam emas California. Spesimen yang ada dari koin ini sekarang disimpan di Koleksi Numismatik Nasional di museum Smithsonian. Itu bernilai hampir USD20 juta.

Sementara itu ada koin Raja Edward VIII menjadi koin Inggris pertama yang dibeli seharga 1 juta poundsterling (sekita Rp17,7 miliar).

Pemiliknya, seorang kolektor swasta yang tinggal di Amerika Serikat (AS). Ia menjelaskan bahwa peluang untuk membeli koin tersebut merupakan "kesempatan sekali seumur hidup."

Koin itu merupakan satu dari tiga set yang terdiri dari enam koin yang tidak pernah diproduksi secara massal karena Edward turun takhta pada Desember 1936.

Koin dengan nominal 1 Poundsterling (Rp17.780 dengan nilai tukar Jumat 17 Januari 2020) menjadi koin termahal Inggris

1
4

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini