Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo: Wisata Olahraga Bisa Datangkan Wisatawan di Tengah Pandemi Covid-19

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 06 September 2020 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 06 620 2273453 wamenparekraf-angela-tanoesoedibjo-wisata-olahraga-bisa-datangkan-wisatawan-di-tengah-pandemi-covid-19-siEdote7b3.jpg Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo. (Foto: Kemenparekraf)
A A A

POTENSI wisata olahraga sangat besar di Indonesia. Bahkan nantinya sport event harus semakin diperbanyak untuk dapat menarik kunjungan wisatawan ke Indonesia.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkolaborasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Kementerian Perindustrian untuk mengembangkan potensi wisata olahraga. Penandatanganan dilakukan secara simbolis oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, serta Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo mengatakan, situasi pandemi ini harus dihadapi dengan strategis yang komprehensif, terarah dan kolaboratif.

“Sebagai kementerian yang membawahi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, Kemenparekraf tidak bisa berjalan sendiri dalam mengembangkan sektor ini. Dibutuhkan dukungan berbagai pihak seperti Kementerian dan Lembaga, Asosiasi dan seluruh masyarakat," ucapnya lewat keterangan resmi yang diterima Okezone.

Wamen Angela berharap, kolaborasi ini menjadi momentum untuk lebih menyeleraskan pengambilan kebijakan. Tujuannya demi menghasilkan program-program yang memberikan dampak positif untuk masyarakat

"Dalam situasi pandemi seperti sekarang ini kolaborasi menjadi sangat penting,” kata Angela.

Baca Juga: Minggu Sore Mau Sepedaan Keliling Ibu Kota? Nih 5 Destinasinya

Wamen Angela menambahkan, potensi wisata olahraga di Indonesia sangat besar. Bahkan diyakini bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

Potensi wisata olahraga di Indonesia, menurut Angela, mempunyai dampak berganda untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah yang inklusif. Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa penyelenggaraan event olahraga yang turut berdampak di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif seperti Asian Games, Jakarta Marathon, Tour de Bintan, Tour de Ijen, dan Tour de Singkarak.

“Wisata olahraga selain dapat memberikan manfaat positif dari sisi ekonomi yang inklusif juga dapat meningkatkan pola hidup sehat di masyarakat.

 wamen

Oleh karena itu, kementerian dan lembaga terkait serta seluruh pemangku kepentingan, diharapkan dapat saling bekerja sama dan berkolaborasi dalam mengembangkan wisata olahraga

"Menciptakan sport event tidak hanya dalam rangka menarik kunjungan wisatawan untuk datang ke destinasi wisata di Indonesia, tetapi juga untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan, situasi sekarang menuntut seluruh sektor untuk melakukan kegiatan yang extraordinary. Maka pada peringatan Hari Olahraga Nasional 2020 mengangkat tiga tema sekaligus.

Tujuannya demi menggerakkan kembali kegiatan olahraga dan meningkatkan prestasi olahraga dan membangkitkan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga:   

Viral Jembatan PIK 2, Tempat Nongkrong Baru Anak Gaul Jakarta Serasa di New Zealand
Viral Jembatan PIK 2, Tempat Nongkrong Baru Anak Gaul Jakarta Serasa di New Zealand

“Oleh karena itu, perlu adanya kerja sama yang dilakukan kementerian terkait dalam membangun dan meningkatkan potensi wisata yang ada di Indonesia, agar wisatawan dapat menikmati keindahan alam Indonesia sekaligus melakukan wisata olahraga,” kata Zainudin Amali.

Ditambahkan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Indonesia memiliki banyak investasi alam yang dapat dikembangkan. Bahkan kegiatan ini bisa menjadi awal kebangkitan dari industri manufaktur alat olahraga.

“MoU ini jangan hanya menjadi sesuatu yang sifatnya seremonial, perlu kita rawat, perlu kita jaga, karena. Maju terus industri olahraga Indonesia, maju terus olahraga nasional,” kata Agus Gumiwang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini