Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesona Mandalika, Tuan Rumah MotoGP Indonesia 2021

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 07 September 2020 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 07 620 2273889 pesona-mandalika-tuan-rumah-motogp-indonesia-2021-RAhYtu2Qvm.jpg Bukit Merese. (Foto: Dewi/Okezone)
A A A

MANDALIKA di Lombok, Nusa Tenggara Barat, terpilih menjadi tuan rumah MotoGP Indonesia yang akan digelar pada Oktober 2021 mendatang. Informasi ini dikonfirmasi langsung oleh pihak MotoGP melalui situs resminya.

Terpilihnya Mandalika sebagai salah satu tuan rumah ajang bergengsi tersebut memang bukan tanpa alasan. Selain memiliki infrastruktur yang mendukung, pesona keindahan alam Mandalika pun menjadi daya tarik tersendiri.

Sebagai informasi, Mandalika merupakan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) atau tempat perlindungan alam di Indonesia. Mandalika pernah menjadi salah satu tujuan wisata Indonesia selain Pulau Bali. Dengan teluk yang sangat besar dan pasir putih terpampang luas, banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang jatuh cinta pada pandangan pertama pada tempat ini.

Baca Juga: 6 Tempat Bulan Madu Romantis Sering Didatangi Artis

Pesona pantai di Mandalika

tanjung aan

Di kawasan Mandalika terdapat deretan pantai indah, mulai dari Pantai Tanjung Aan, Pantai Serenting, Pantai Seger, Pantai Kuta, dan Pantai Gerupuk. Selain itu ada juga kawasan pantai yang memang dibuat khusus untuk selancar, seperti Pantai Ubrug yang sangat indah.

Sayangnya, di sini wisatawan akan jarang menemukan bar atau kelab malam. Tak cuma Mandalika, di seluruh pulau nyaris tak bisa ditemukan bar dan kelab malam.

Meski demikian, sejumlah tempat makan masih menjual bir untuk mengakmodir keinginan wisatawan mancanegara. Keriaan malam yang seru masih bisa ditemui di sekitaran hotel besar.

Bagi para pencinta kuliner, di Kawasan Bukit Mandalika, Pantai Kuta Lombok, Desa Kuta Kecamatan Pujut Lombok Tengah, NTB ada beberapa makanan khas yang patut Anda cicipi. Di antaranya adalah ayam taliwang, ayam rarang, sate rembiga dan sate bulayak. Olahan bumbu khas daerah Lombok akan memanjakan lidah dan menambah selera makan.

Bukit Merese

bukit merese

Ingin melihat cantiknya Samudera Hindia dari atas, dengan birunya laut dan gulungan ombak yang menawan? Bukit Merese adalah spot yang tepat. Bukit yang berada di sisi barat Pantai Tanjung Aan memiliki rumput hijau yang akan menambah segar mata Anda.

Untuk naik ke sana memang tidak mudah. Anda harus trekking selama beberapa belas menit melalui jalur berpasir dan pecahan karang, kemudian menanjak ke perbukitan yang sesekali dihiasi kotoran sapi. Tapi, semua itu tidak akan membuat Anda menyesal setelah berhasil sampai di atasnya. Pemandangan dari atas puncak Bukit Merese begitu memikat!

Follow Berita Okezone di Google News

Festival yang unik

Keunikan lainnya yang dapat ditemukan di Mandalika adalah Festival Bau Nyale. Festival ini akan menyuguhkan tradisi mengambil cacing laut yang sudah berumur ratusan tahun.

Festival ini diselenggarakan untuk menyambut musim kemarau yang jatuh tanggal 20 bulan 10 kalender Suku Sasak. Mereka percaya jika cacing bentuknya panjang dan cerah pertanda panen akan melimpah di sepanjang tahun, tapi jika tidak akan sebaliknya.

Namun, terselip sebuah kisah pilu di balik munculnya festival ini, yaitu tentang Putri Mandalika. Legenda putri yang menceburkan diri ke laut dan menjelma menjadi cacing panjang berwarna-warni inilah yang menjadi kisah imajinasi dan inspirasi bagi pelaksanaan Festival Pesona Bau Nyale.

Baca Juga: Liburan ke Libuan Bajo, Asyiknya Salmafina Sunan Berjemur Pakai Bikini

Oleh-oleh

Bagi yang ingin berburu oleh-oleh, Mandalika juga sudah menyediakan sejumlah toko yang berjejer di sepanjang kawasan Pantai Kuta. Pedagang ini menjajakan oleh-oleh khas Lombok, seperti kain tenun, kaus, gelang, hingga ikat kepala.

Cara menuju ke Mandalika

Untuk menuju Mandalika, Anda bisa menggunakan moda transportasi udara dengan rute Lombok. Setelah itu, lanjutkan perjalanan darat menggunakan transportasi umum seperti bus atau bisa juga menyewa mobil (rental). Tak perlu khawatir tersesat, infrastruktur di Mandalika sudah sangat mumpuni, Anda juga dapat menggunakan peta digital sebagai petunjuk arah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini