Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Federer Ikut Bahagia Rafael Nadal Samai Rekor Gelar Juaranya

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 13 Oktober 2020 06:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 13 620 2292650 federer-ikut-bahagia-rafael-nadal-samai-rekor-gelar-juaranya-qF0BP5DFA1.jpg Roger Federer mengucapkan selamat kepada Rafael Nadal (Foto: Twitter/@rogerfederer)

BASEL – Keberhasilan Rafael Nadal menjuarai turnamen Prancis Open 2020 turut membuat pesaingnya, Roger Federer gembira. Kendati rekor gelar juaranya disamai oleh petenis asal Spanyol itu, Federer mengaku tidak masalah.

Sebagaimana diketahui, Rafael Nadal menunjukkan kedigdayaannya di Roland Garros, venue turnamen Prancis Open. Ia sukses menaklukkan Novak Djokovic pada Minggu 11 Oktober 2020 malam WIB lewat pertarungan tiga set, 6-0, 6-2, dan 7-5.

Kemenangan atas Novak Djokovic itu menjadi gelar ke-13 bagi Rafael Nadal di Prancis Open sejak 2005. Hebatnya lagi, seluruh kemenangan itu dicapai setiap kali menapaki partai final. Tidak heran jika kemudian sang petenis disebut sebagai Raja Lapangan Tanah Liat.

Baca juga: Rafael Nadal Juara Prancis Open 2020 Usai Taklukkan Novak Djokovic

Rafael Nadal memamerkan trofi juara Roland Garros (Foto: Twitter/@RafaelNadal)

Selain mencatatkan gelar juara ke-13 di Prancis Open, Rafael Nadal juga menyamai total koleksi titel grand slam milik Roger Federer, yakni 20 buah. Menyadari bahwa rekor sepanjang masanya disamai oleh sang sahabat sekaligus pesaing, petenis berusia 39 tahun itu dengan sportif mengucapkan selamat.

“Saya selalu memiliki rasa hormat setinggi-tingginya buat teman saya, Rafa, sebagai pribadi dan seorang juara. Sebagai rival terberat saya selama bertahun-tahun, saya yakin kami sudah saling mendorong untuk menjadi petenis yang lebih baik,” ujar Roger Federer di akun Facebook, Selasa (13/10/2020).

“Oleh karena itu, merupakan sebuah kehormatan tersendiri untuk memberi ucapan selamat atas kemenangan grand slam ke-20. Lebih spesial lagi, dia sekarang sudah memenangi 13 kali ajang Roland Garros, yang merupakan salah satu pencapaian hebat di olahraga ini,” imbuh pria berpaspor Swiss itu.

Dari 13 gelar juara di Roland Garros, sebanyak empat di antaranya diraih ketika menghadapi Roger Federer pada partai final. Melihat kesuksesan Rafael Nadal, Roger Federer berharap persaingan keduanya akan terus berlanjut pada tahun-tahun mendatang.

“Saya juga ingin mengucapkan selamat kepada timnya karena tidak ada yang bisa melakukan ini sendirian. Saya berharap titel ke-20 hanya sebuah langkah dalam perjalanan tiada henti bagi kami berdua. Selamat Rafa!” tutup Roger Federer.

Dengan demikian, kedua sahabat itu resmi bertengger di puncak sebagai petenis tunggal putra dengan koleksi gelar grand slam terbanyak. Keduanya sukses melampaui catatan Pete Sampras yang mengoleksi 14 gelar grand slam.

Tidak seperti petenis asal Amerika Serikat (AS) itu, koleksi gelar juara Roger Federer dan Rafael Nadal terhitung lengkap. Kedua petenis itu masing-masing setidaknya pernah satu kali juara pada lima grand slam, yakni Australia, Prancis, Wimbledon, dan AS Open.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini