Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelatih Terkejut Khabib Nurmagomedov Umumkan Pensiun dengan Wajah Lempeng

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 06:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 620 2300051 pelatih-terkejut-khabib-nurmagomedov-umumkan-pensiun-dengan-wajah-lempeng-xnAmmqg2nr.jpg Khabib Nurmagomedov berlatih dengan Javier Mendez (Foto: Twitter/@TeamKhabib)

ABU DHABI – Tidak ada yang menyangka karier Khabib Nurmagomedov di ajang Ultimate Fighting Championship (UFC) berakhir begitu cepat. Sang pelatih, Javier Mendez, mengaku sempat tertipu dengan wajah lempeng anak asuhnya ketika mengumumkan pensiun.

Sebagaimana diketahui, Khabib Nurmagomedov sukses memaksa Justin Gaethje untuk menyerah pada ajang UFC 254 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA), Minggu 25 Oktober 2020 dini hari WIB. Kemenangan itu menggenapkan rekornya di kelas ringan menjadi 29 pertarungan tanpa kalah.

Kejutan terjadi selepas pertarungan. Dengan mimik wajah yang datar, Khabib Nurmagomedov mengumumkan keputusan untuk pensiun dari dunia tarung gaya campuran (MMA) yang sudah membesarkan namanya itu.

Baca juga: Usai Dihajar di UFC 254, Gaethje Sebut Khabib Monster

Khabib Nurmagomedov diliputi perasaan emosional (Foto: Twitter/@UFC)

Tentu saja, keputusan itu membuat banyak pihak terkejut, termasuk sang pelatih, Javier Mendez. Pria berkebangsaan Amerika Serikat (AS) itu tidak menyangka wajah Khabib Nurmagomedov datar-datar saja saat mengumumkan gantung sarung tangan.

“Saya baru tahu ketika dia memberikan pernyataan. Saya terkejut. Dia sangat ahli memasang wajah lempeng, salah satu yang terbaik di planet,” ujar Javier Mendez, dikutip dari MMA Junkie, Selasa (27/10/2020).

“Semua ini sangat mengejutkan buat saya. Saya sempat berpikir oke ini rencana ayahnya. Tapi, ini ternyata keinginan ibunya. Saya menaruh hormat,” imbuh pemilik akademi kick boxing di AS itu.

Tekad Khabib Nurmagomedov untuk pensiun memang semakin bulat setelah berdiskusi dengan sang ibunda. Menurut pengakuannya, sang ibu tidak setuju jika dirinya terus bertarung tanpa kehadiran ayahnya, Abdulmanap Nurmagomedov, yang meninggal dunia pada 3 Juli 2020.

“Ini adalah pertarungan terakhir saya. Tidak mungkin saya datang ke sini tanpa ayah. Ketika UFC mendekati saya untuk pertarungan melawan Justin, saya berbicara dengan ibu selama tiga hari,” ucap Khabib Nurmagomedov, dikutip dari TalkSport.

“Dia tidak mau saya bertarung tanpa kehadiran ayah. Lalu saya bilang ini pertarungan terakhir, dan saya sudah memenuji janji itu,” tukas pria asal region Dagestan tersebut.

Banyak yang beranggapan Khabib Nurmagomedov akan kembali. Namun, Presiden UFC Dana White yakin The Eagles tidak akan kembali lagi ke ring oktagon. Sebab, tekadnya sudah sangat bulat untuk mengakhiri karier dan menikmati masa pensiun.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini