Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gabung Timnas Indonesia U-19, Alfriyanto Nico Ceritakan Proses TC Secara Virtual

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Sabtu 07 November 2020 07:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 07 620 2305658 gabung-timnas-indonesia-u-19-alfriyanto-nico-ceritakan-proses-tc-secara-virtual-ioLA39qN4K.jpg Penggawa Persija Jakarta, Alfriyanto Nico Saputro. (Foto: Instagram/niko_alfriyan)

JAKARTA – Pengalaman baru tengah dirasakan salah satu penggawa Persija Jakarta, yakni Alfriyanto Nico Saputro yang mengikuti latihan secara virtual bersama Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19. Bersama ke-32 pemain Tanah Air lainnya, Nico melakukan pemusatan latihan (TC) dengan secara virtual.

Tentunya TC secara virtual itu dilakukan demi menghindari adanya penyebaran virus corona. Meski tak bisa bertatap muka secara langsung dan harus berlatih sendiri, namun Nico yang baru pertama kali dipanggil Timnas Indonesia U-19 itu mengaku tetap sangat antusias dengan program tersebut.

Bagi Nico, peluang bisa masuk ke dalam daftar pemain yang akan membela Timnas Indonesia U-19 adalah sesuatu hal yang sangat langka dan luar biasa. Jadi, latihan secara virtual takkan membuat dirinya merasa aneh atau pun kecewa karena tak bisa berlatih secara langsung.

Baca Juga: Dipanggil Timnas Indonesia U-19, Striker Persija Ini Senang Mimpinya Jadi Kenyataan

Afriyanto Nico

Lantas jika tak berlatih di lapangan dan secara langsung, latihan apa saja yang dilakukan Nico dan ke-32 pemain Indonesia lainnya di TC yang berlangsung sedari 5-15 November 2020 tersebut? Nico pun dengan senang hati membagikan pengalamnya selama beberapa hari telah mengikuti TC tersebut.

Menurut cerita Nico, latihan virtual itu di awal dari pagi hari, tepatnya pukul 09.00 WIB. Namun, sebelum itu Nico melakukan sesi latihan sendiri dengan melakukan olahraga jogging dan skipping sebanyak tiga kali.

Setelah latihan sendiri dan sarapan, Nico langsung ikut bergabung ke TC Timnas Indonesia U-19 dan melakukan latihan penguatan otot seperti core. Pada sore harinya latihan dengan meningkatkan speed agility.

Sejauh ini, Nico mengatakan baru itu latihan yang didapatkannya selama virtual home training Timnas Indonesia U-19. Tentunya Nico akan berusaha tampil semaksimal mungkin agar pelatih Timnas Indoensia U-19, Shin Tae-yong, bisa mempercayakannya untuk bermain di laga internasional selanjutnya.

“Latihan sendiri agendanya tiga kali yakni jogging dan skipping di pagi hari sebelum sarapan. Lalu saat latihan virtual jam 9 pagi, kami melakukan penguatan otot seperti core,” jelas Nico, seperti diwartakan laman resmi Persija, Sabtu (7/11/2020).

“Terakhir saat sore diberikan program latihan seperti speed agility. Sekali lagi saya berusaha menunjukkan itu dengan maksimal selama latihan berjalan,” tambah penggawa Macan Kemayoran tersebut.

Seperti yang diketahui, virtual home training dibuat untuk dijadikan sebuah langkah persiapan menghadapi Piala Asia U-19 2020 yang rencananya akan digelar awal 2021 mendatang. Selain itu, Garuda Muda juga akan berlaga di ajang bergengsi lainnya, yakni Piala Dunia U-20 2021 yang notabene Indonesia menjadi tuan rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini