Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lahir dan Besar di Jerman, Grifo: Saya 100% Italia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 12 November 2020 16:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 12 620 2308581 lahir-dan-besar-di-jerman-grifo-saya-100-italia-MU0sVZfDNK.JPG Vincenzo Grifo cetak gol dari titik penalti (Foto: Reuters/Alberto Lingria)

FIRENZE – Kiprah Vincenzo Grifo mencuri perhatian kala membantu Tim Nasional (Timnas) Italia menang telak 4-0 atas Estonia pada laga persahabatan, Kamis (12/11/2020) dini hari WIB. Sekali pun lahir dan besar di Jerman, pria berusia 27 tahun itu hanya ingin membela Gli Azzurri.

Eksperimen coba dilakukan Asisten Pelatih Timnas Italia Alberico Evani. Hal itu terpaksa dilakukan karena banyak pemain utama yang cedera atau dilarang oleh klub memperkuat timnas. Larangan itu muncul di tengah kekhawatiran melonjaknya kasus positif Covid-19 di Negeri Pizza.

Virus tersebut bahkan ikut menjangkiti Pelatih Roberto Mancini sehingga tugasnya didelegasikan kepada Evani. Sejumlah percobaan dilakukan, salah satunya dengan memasang Vincenzo Grifo di sayap kiri. Eksperimen itu berlangsung sukses.

Baca juga: Jamu Estonia, Italia Berpesta Empat Gol Tanpa Balas

Timnas Italia menang telak 4-0 atas Estonia (Foto: Reuters/Alberto Lingria)

Dua gol berhasil disarangkan Vincenzo Grifo sekali pun hanya dipercaya tampil selama 80 menit. Menariknya, ia tidak lahir dan besar di Italia, melainkan Jerman. Pun begitu, hanya ada satu tim nasional yang selalu ingin dibelanya, dan itu adalah Italia.

“Saya sangat bahagia berada di sini, bahkan lebih bahagia lagi dengan dua gol. Semua orang tahu saya tidak pernah mempertimbangkan untuk bermain bagi tim lain, selain Italia. Saya lahir dan besar di Jerman, tetapi saya 100% orang Italia,” ujar Vincenzo Grifo, dikutip dari Football Italia, Kamis (12/11/2020).

“Saya ingin mendedikasikan gol ini kepada kedua orangtua. Anda harus yakin pada diri sendiri dan berusaha memberikan yang terbaik di level klub serta kapan pun dipanggil ke timnas dengan harapan dipercaya turun,” imbuh pria kelahiran Pforzheim tersebut.

Meski sudah memasuki usia matang untuk ukuran pesepakbola, Vincenzo Grifo baru empat kali tampil untuk Timnas Italia. Ia sebagian besar turun pada partai persahabatan dengan catatan dua gol plus satu assist dari tiga pertandingan.

Debutnya baru terjadi pada 20 November 2018 ketika Italia menghadapi Amerika Serikat (AS) pada laga uji coba. Sedangkan dua gol ke gawang Estonia merupakan sumbangan pertamanya bagi Timnas Italia. Sadar dirinya bukan pemain berpengalaman di timnas, Vincenzo Grifo ingin terus belajar.

“Kami punya banyak kualitas di skuad ini. Para pemain berasal dari Juventus, Paris Saint-Germain (PSG), dan tempat-tempat lainnya. Saya hanya memperkuat Freiburg dan harus banyak belajar. Saya sungguh bahagia berada di sini,” lanjut Vincenzo Grifo.

Karena lahir dan besar di Jerman, karier Vincenzo Grifo jelas lebih banyak dihabiskan di negara tersebut. Ia tercatat pernah membela Borussia Monchengladbach, TSG Hoffenheim, FSV Frankfurt, dan saat ini bermain untuk SC Freiburg.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini