Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Mencuci Muka, Jangan Dilakukan Ya

Sausan Sudarjat, Jurnalis · Rabu 30 Desember 2020 11:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 30 620 2336178 6-kesalahan-yang-sering-dilakukan-saat-mencuci-muka-jangan-dilakukan-ya-ms6qEXOfuT.jpg Ilustrasi mencuci muka. (Foto: Drobotdean/Freepik)
A A A

MENCUCI muka merupakan kegiatan wajib yang perlu dilakukan setelah sibuk beraktivitas. Mencuci muka dianjurkan sebanyak dua kali sehari pada pagi dan malam.

"Secara realistis, Anda hanya perlu mencuci muka sekali sehari, paling banyak dua kali," kata Todd Minars MD, dokter kulit dan asisten Profesor Klinis Dermatologi di Fakultas Kedokteran Universitas Miami Amerika Serikat, seperti dikutip dari NBC.

Baca juga: Mau Wajah Lebih Glowing dan Awet Muda? Coba Cuci Muka dengan Air Dingin 

Mencuci muka bertujuan membersihkan sisa-sisa debu atau kotoran lain yang tertinggal di wajah. Mencuci muka sangat mudah, basahi dengan air lalu gunakan pembersih seukuran koin, dan pakai busa yang ada di ujung jari dengan lembut untuk membersihkan kotoran.

Namun, sering kali kesalahan sederhana terjadi saat mencuci muka dan dapat memicu kulit iritasi. Berikut beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan saat mencuci muka, seperti dilansir The Healthy.

1. Menggunakan suhu air yang salah

Air yang terlalu panas menyebabkan kulit kering, sementara air dingin tidak akan membuat pori-pori terbuka. "Air hangat adalah suhu air terbaik. Tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin," kata dr Michele Green MD, ahli kulit kosmetik asal New York.

2. Terlalu sering mencuci muka

Bagi orang yang memiliki kulit kering hanya perlu membersihkan wajah sekali sehari. Lalu bagi mereka yang memiliki kulit berminyak harus mencuci muka maksimal dua kali sehari. Lebih dari dari itu akan menyebabkan kulit kering dan membuatnya menghasilkan lebih banyak minyak untuk mengimbanginya.

Jika mencuci muka hanya sekali, lakukan di malam hari, bukan di pagi hari. "Anda membersihkan kotoran dan polutan yang terakumulasi sepanjang hari. Matahari tidak hanya menyebabkan penuaan, tapi juga polutan," kata Mona Gohara MD, profesor klinis di Departemen Dermatologi Yale.

Baca juga: 3 Cara Mencuci Muka dengan Benar Sesuai Jenis Kulit, Yuk Perhatikan 

3. Terlalu sering melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan pengelupasan sel kulit mati yang membuat kuliit bersinar. Tapi pengelupasan kulit setiap hari dapat menyebabkan kulit kering dan mengelupas.

"Perasaan bersih seperti ditarik itu akan menyebabkan iritasi. Batasi eksfoliasi hanya sekali seminggu. Terlalu banyak melakukan eksfolisiasi dapat memicu masalah kulit," kata Ivy Lee MD, dokter kulit yang berbasis di Pasadena, California, Amerika Serikat.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Membersihkan wajah hanya pakai tisu

Gunakan tisu wajah hanya dalam keadaan darurat, jangan mengandalkannya untuk rutinitas mencuci muka. "Tisu tidak membersihkan kulit, dan mengandung bahan kimia," kata dr Green.

Simpan beberapa tisu di tas, tetapi tetap bersihkan wajah menggunakan pembersih dan air.

Baca juga: Beautypedia, Apa Itu Facial Wash? 

5. Salah pakai produk

Sabun wajah berbusa bekerja baik untuk kulit berminyak, sementara pembersih yang melembapkan lebih baik untuk kulit kering. Demikian kata dr Gohara.

Kandungan alfa-hidroksi atau asam salisilat baik untuk kulit berminyak, tapi bisa terlalu keras untuk orang-orang yang tidak memiliki kulit berminyak. "Bukan produknya yang buruk, tetapi jenis kulitnya yang salah," kata dr Green.

6. Menggosok terlalu kuat

Tidak perlu menggosok wajah terlalu kuat untuk menghilangkan kotoran. Cukup menggosok pembersih dengan lembut akan membuat kulit bersih tanpa membuatnya kasar.

"Dengan pembersih yang tepat, Anda tidak perlu menggosok dengan keras," kata dr Green.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini