Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Persatuan Perawat: Vaksin Covid-19 Melindungi Diri Sendiri dan Orang Lain

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 11 Januari 2021 09:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 11 620 2342288 persatuan-perawat-vaksin-covid-19-melindungi-diri-sendiri-dan-orang-lain-XvE475ZGuD.jpg Ilustrasi vaksin covid-19. (Foto: Freepik)

PEMERINTAH sangat serius dalam menjalankan program vaksinasi covid-19 secara massal. Saat ini sudah 1,2 juta vaksin covid-19 buatan produsen asal China Sinovac Biotech didistribusikan ke 34 provinsi di Indonesia.

Meski demikian, masih ada sebagian masyarakat yang pro dan kontra terhadap Vaksin Sinovac atau Coronavac yang sudah didatangkan pemerintah.

Baca juga: BPOM Imbau Masyarakat Lapor jika Ada Masalah Usai Divaksin 

Terbukti ada beberapa isu yang sempat menyebut vaksin covid-19 yang akan diberikan kepada masyarakat mengandung ginjal monyet hijau Afrika. Alhasil, kabar miring ini membuat masyarakat menjadi ragu untuk divaksin.

Info grafis vaksin covid-19. (Foto: Okezone)

Berbeda dengan hal tersebut, Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadhillah mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung program vaksinasi covid-19 oleh pemerintah.

Baca juga: Setelah Izin EUA Terbit, BPOM Kawal Mutu Vaksin Sinovac pada Jalur Distribusi 

"Karena saya kira sebagai tenaga kesehatan, kita belajar ilmu kesehatan. Semester pertama itu adalah bagaimana konsep masuknya penyakit," ujar Harif, seperti dikutip dari akun resmi Instagram Kementerian Kesehatan @kemenkes_ri, Senin (11/1/2021).

Ia menjelaskan, sebagai bagian dari tenaga kesehatan, PPNI memahami apa yang sedang terjadi saat ini, sehingga tidak perlu ada keraguan lagi tentang vaksin covid-19 yang telah disiapkan pemerintah. Pasalnya, vaksin tidak hanya berguna bagi tenaga kesehatan saja melainkan untuk melindungi diri sendiri, tapi juga orang lain.

"Pada saat kita melakukan pelayanan juga melindungi pasien. Juga saat kita pulang ke rumah melindungi keluarga kita, dan di lingkungan kita melindungi masyarakat sekitar," tuntasnya.

Baca juga: 16 Kategori Orang Tidak Dapat Vaksin Sinovac, Bagaimana Nasib Mereka? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini