Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Bahan Alami Ini Bisa Cerahkan Siku dan Lutut, Yuk Coba

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 03 Maret 2021 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 03 620 2371573 4-bahan-alami-ini-bisa-cerahkan-siku-dan-lutut-yuk-coba-6zc8KF8Aw3.jpg Ilustrasi siku. (Foto: Nastya Gepp/Pixabay)

SEBAGIAN orang sering melewatkan perawatan siku dan lutut. Dampaknya, kedua bagian tubuh tersebut jadi berwarna hitam serta teksturnya kasar.

Tapi jangan khawatir, masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan sejumlah bahan alami. Apa saja bahan alami tersebut? Berikut daftarnya, seperti dilansir laman Times of India, Rabu (3/3/2021).

Baca juga: 7 Manfaat Minyak Jojoba untuk Kulit dan Rambut, Bisa Obati Luka Bakar 

1. Lemon

Sifat pemutih alami dan asam lemon bisa menjadi penyelamat perawatan kulit yang gelap serta kering. Kandungan di dalamnya bekerja mencerahkan warna kulit. Apabila digunakan secara rutin maka akan membantu mengembalikan warna cerah kulit.

Caranya, cukup peras air jeruk nipis segar dan pijat dengan lembut di area yang kering dan gelap. Biarkan selama 10 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

Lemon. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

2. Aloe vera

Aloe vera atau lidah buaya juga ampuh menghikangkan warna gelap dan mengembalikan kelembapan kulit siku serta lutut.

Caranya, belah daun lidah buaya yang berdaging dan buang ampasnya. Hancurkan dengan tangan, dan aplikasikan pada siku atau lutut yang kering. Diamkan selama 20 menit, kemudian bersihkan dibilas menggunakan air dingin.

3. Minyak zaitun dan lulur gula

Minyak zaitun bila dicampur dengan gula bisa menjadi lulur yang baik untuk tubuh. Gula berfungsi sebagai exfoliant alami, membantu mengangkat sel kulit mati, dan menghasilkan warna yang lebih cerah.

Sementara minyak zaitun memiliki hydro-bomb yang baik serta sangat bergizi. Lulur alami ini akan menjadi salah satu perawatan paling mudah, murah, dan ampuh.

Baca juga: Mau Kulit Bercahaya? Minum 3 Jus Sehat Ini Saja 

4. Masker oatmeal dan yoghurt

Jika menginginkan pelembap yang kuat untuk kulit kusam dan kering, maka harus mencoba masker ini. Oatmeal dan yoghurt memiliki kualitas menenangkan serta melembapkan kulit.

Ambil dalam jumlah yang sama dan bentuk campuran hingga mengental. Lalu oleskan masker ini pada siku dan lutut selama 20 menit. Bilas dengan air.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini