Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Memangku Laptop, Bisa Sebabkan 3 Bahaya Kesehatan Ini

Fikri Kurniawan, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 620 2386922 jangan-memangku-laptop-bisa-sebabkan-3-bahaya-kesehatan-ini-eNmO1fIct6.jpg Ilustrasi laptop. (Foto: Burst/Unsplash)

TERUNGKAP sebuah fakta bahwa memangku laptop bisa membahayakan kesehatan. Padahal, perilaku ini sering dilakukan banyak orang, terutama di masa bekerja dari rumah atau work from home (WFH) ini.

Laptop sendiri memang perangkat yang sangat dibutuhkan orang-orang saat ini. Tidak hanya pekerja, mahasiwa, bahkan anak sekolah di masa pandemi covid-19 menggunakan laptop untuk menyelesaikan tugas atau aktivitas lainnya.

Baca juga: 5 Gerakan Cegah Nyeri Leher Akibat Lama di Depan Laptop 

Tapi, intensitas penggunaan laptop yang tinggi tidak berbarengan dengan pengetahuan penggunaannya yang baik dan benar. Masih banyak ditemui laptop digunakan tanpa menggunakan meja, hanya dipangku mengandalkan paha sebagai tumpuan.

Keyboard laptop. (Foto: Kaitlyn Baker/Unsplash)

Padahal, memangku laptop merupakan hal yang berbahaya untuk kesehatan. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menjelaskan bahwa memangku laptop salah satunya bisa menyebabkan masalah punggung.

"Posisi yang tidak ideal dapat menyebabkan nyeri punggung, sampai pundak dan leher. Hal ini diakibatkan terlalu sering membungkuk," jelas Kemenkominfo, seperti dikutip dari unggahan di akun Twitter-nya, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Tips Jaga Kesehatan Mata saat Seharian Bekerja Menatap Laptop 

Bahaya kedua, memangku laptop juga bisa menimbulkan gangguan pada kulit. Hal ini disebabkan penggunaan jangka panjang yang mengakibatkan perubahan kondisi kulit menjadi kecoklatan, berbintik, dan menyakitkan.

Lalu bahaya ketiga bagi pria, keseringan memangku laptop dapat memengaruhi kesuburan. "Panas dari laptop dapat memengaruhi kesuburan pria hingga tidak aktif. Hal ini disebut hipertermia skrotum," jelasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini