Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pisang Makanan Kaya Manfaat, Jaga Kesehatan Jantung hingga Cegah Kanker

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 620 2432597 pisang-makanan-kaya-manfaat-jaga-kesehatan-jantung-hingga-cegah-kanker-SSn3cagAeA.jpg Pisang makanan kaya manfaat kesehatan (Foto : Medicalnewstoday)

PISANG adalah buah yang paling banyak ditemukan dan dicintai di seluruh dunia. Pisang mudah dimakan, dibawa bepergian dan mengandung zat yang bermanfaat untuk kesehatan.

Ada berbagai manfaat jika memasukkan pisang ke dalam diet Anda. Melansir Femina India, berikut adalah beberapa manfaat yang ditawarkan pisang untuk kesehatan, salah satunya mencegah kanker.

Mengatur tekanan darah

Pisang kaya akan potasium, yang merupakan nutrisi utama dalam mengelola tekanan darah serta mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular. Bagi siapa saja yang menderita tekanan darah berfluktuasi, penting untuk mengurangi asupan garam dan natrium dalam makanan mereka sambil lebih fokus pada makanan kaya kalium.

Kesehatan jantung

Pisang

Jantung yang baik membutuhkan diet yang kaya serat, potasium, folat dan antioksidan yang ditemukan dalam pisang. Diet tinggi serat dapat membantu mengurangi kemungkinan penyakit kardiovaskular.

Baca Juga : Korea Utara Krisis Pangan, Harga Pisang Mencapai Rp650 Ribu Per Kilo!

Diabetes

Mengkonsumsi buah-buahan yang kaya serat seperti pisang secara teratur dalam diet dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes. Diet tinggi serat dapat membantu mencegah dan mengurangi risiko terkena Diabetes Tipe 2.

Kesehatan pencernaan

Selama kita mengalami banyak masalah pencernaan, pisang selalu datang untuk menyelamatkan kita. Pisang mengandung serat dan air yang bagus untuk meningkatkan kesehatan pencernaan.

Salah satu masalah pencernaan tersebut adalah diare yang dapat menyebabkan hilangnya air dan elektrolit yang dapat langsung diperbaiki dengan makan pisang. Pisang juga dapat mengurangi kembung, gas dan kram perut pada orang yang menderita penyakit radang usus.

Kanker

Pisang terdiri dari protein yang disebut lektin, yang dapat membantu sel-sel leukemia tumbuh. Lektin kaya akan antioksidan yang membantu menyingkirkan radikal bebas. Jika menumpuk, radikal bebas ini dapat menyebabkan kerusakan sel besar yang dapat menyebabkan kanker.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini