Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tanggapi Protes West Ham United ke Operator Liga Inggris, Thomas Tuchel Bilang Begini

Ilham Sigit Pratama, Jurnalis · Selasa 06 September 2022 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 06 620 2661686 tanggapi-protes-west-ham-united-ke-operator-liga-inggris-thomas-tuchel-bilang-begini-u9MF0Jpngs.jpg Thomas Tuchel beri tanggapan soal protes West Ham ke operator Liga Inggris (Foto: Reuters)
A A A

PELATIH Chelsea, Thomas Tuchel menanggapi protes West Ham United ke operator Liga Inggris. Protes yang dilayangkan pihak West Ham itu sehubungan dengan kekalahan 1-2 dari Chelsea pada pekan keenam Liga Inggris 2022-2023, Sabtu, 3 September 2022 silam.

Soal protes itu pun tak terlepas dari sorotan Thomas Tuchel. Menurutnya, wasit di Liga Inggris memang kerap membuat keputusan kontroversial. Sebab demikian, Thomas Tuhcel menyarankan kepada pihak West Ham untuk ikhlas akan keputusan tersebut.

Thomas Tuchel

Sebagaimana diketahui, Chelsea berhasil comeback atas West Ham dengan skor 2-1 pada lanjutan Liga Inggris 2022-2023 di Stamford Bridge, London, Sabtu 3 September 2022 silam. Laga tersebut diwarnai keputusan kontroversial wasit.

Insiden tersebut terjadi di pengujung laga. Saat itu, West Ham menyamakan kedudukan melalui tandukan Maxwell Cornet.

Namun sayang, gol tersebut dianulir oleh wasit utama, Andrew Madley. Gol dianulir lantaran dianggap terjadi pelanggaran terhadap kiper Chelsea, Eduard Mendy sesaat sebelum gol tercipta.

Usai laga, pelatih West Ham, David Moyes melancarkan kecaman keras kepada wasit. Pihak manajemen klub, juga melayangkan protes kepada operator Liga Inggris. Akan tetapi, sampai saat ini operator Liga Inggris belum buka suara terakit hal itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Justru, pelatih The Blues, Thomas Tuchel menanggapi hal itu dengan santai. Pria berpaspor Jerman itu menyebut bahwa wasit di Liga Inggris memang sering melakukan tindakan kontroversial, dirinya mengaku menjadi korban di tiga laga kandang Chelsea sebelumnya.

David Moyes

“Apa yang bisa saya katakan sekarang adalah jelas, di tiga laga kandang terakhir kami, ada kartu merah, lalu keputusan VAR (Video Assistant Referee), gol yang diberikan, dan banyak keputusan yang tidak diambil di saat seharusnya diambil,” kata Thomas Tuchel dikutip Football London, Selasa (6/9/2022).

Namun kali ini, Thomas Tuchel mengapresiasi wasit di laga kontra West Ham yang bersedia meninjau layar VAR sebelum membuat keputusan. Menurutnya, meninjau kejadian lewat layar VAR sebelum mengambil keputusan adalah itikad baik dari wasit untuk bersikap lebih adil.

“Saya senang wasit mendapat kesempatan untuk meninjau situasi di lapangan, maka itu adalah keputusannya, kami tidak akan pernah memiliki pertandingan tanpa kesalahan,” ucapnya.

“Tapi setidaknya dia menunjukkan kepada semua orang perasaan bahwa dia mengambil keputusan, saya mengerti mereka (West Ham) frustrasi, tidak akan ada yang senang jika wasit berbuat salah,” timpalnya.

Terlepas dari hal itu, Chelsea saat ini tengah fokus demi menghadapi partai perdana Liga Champions 2022-2023. Ya, Raheem Sterling dan kolega bakal melawat ke Kroasia untuk bersua Dinamo Zagreb pada Selasa (6/9/2022) malam pukul 23.45 WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini