Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cuaca Panas Ekstrem, Kelompok Ini Rawan Alami Dehidrasi

Syifa Fauziah, Jurnalis · Senin 09 Oktober 2023 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2023 10 09 620 2898013 cuaca-panas-ekstrem-kelompok-ini-rawan-alami-dehidrasi-xjia3XJXTA.jpg Cuaca Panas Ekstrem. (Foto: Freepik)
A A A

CUACA panas ekstrem memang tengah terjadi di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Panas ekstrem ini memang sangat berbahaya bagi kesehatan kita, apalagi bagi para lanjut usia (lansia).

Pasalnya lansia merupakan usia rentan yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit. Dokter sekaligus Epidemiolog dan Peneliti Indonesia dari Universitas Griffith Australia, dr Dicky Budiman mengatakan dampak cuaca panas pada lansia adalah mereka bisa mengalami heat stres.

“Karena lansia cenderung mengalami penurunan thermoregulatory capacity yang membuat kemampuan mereka sudah tidak seperti orang muda dalam merespon suhu panas yang menyebabkan bisa alami heat stres,” ujar dr Dicky kepada MNC Portal.

Selain itu juga berdampak pada saluran pernapasan karena dengan suhu panas tinggi dan perburykan suhu udara menyebabkan Penyakit paru obstruktif kronis (PPOK). “PPOK yang cenderung memburuk dan meningkatkan risiko kambuh dan ini yang bisa dialami oleh lansia,” jelasnya.

Untuk itu, para lansia disarankan menghabiskan kegiatan di lingkungan yang dingin terutama pada jam-jam pick hour mulai pukul 9 sampai 3 sore. “Bisa cari tempat berteduh seperti mall atau masjid, itu disarankan,” kata dia.

Cuaca panas ekstrem belakangan terakhir tentunya sangat dikeluhkan oleh masyarakat. Dalam dua minggu terakhir, suhu di sejumlah daerah berada di angka 35 hingga 37 derajat Celsius.

Follow Berita Okezone di Google News

Hal tersebut terjadi karena adanya fenomena El Nino. Fenomena El Nino menyebabkan curah hujan berkurang dan musim kemarau menjadi lebih panjang. Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan kondisi ini akan berlangsung sepanjang Oktober 2023.

dr Dicky Budiman pun menyarankan kelompok lansia yang rentan mengalami dehidrasi saat cuaca ekstem mengonsumsi banyak cairan. “Lansia ini mengalami sensitifitas pada rasa haus yang membuat mereka mudah alami dehidrasi,” ujar dr Dicky.

Tak hanya itu, penyakit lain yang mengintai adalah cardiovascular disease yang bisa meningkat saat cuaca panas. “Ini yang bisa menyebabkan denyut jantung dan tekanan darah tinggi meningkat. Artinya sangat rawan pada lansia yang memiliki masalah jantung dan pembuluh darah termasuk diabetes,” paparnya.

Untuk itu, para lansia disarankan untuk mencukupi asupan air putih setiap harinya. “Hindari minuman berkafein apalagi yang manis dan bisa menyebabkan dehidrasi juga,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini