Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Driver Wisata Merapi Diuji Kompetensi agar Profesional Layani Turis

Kamis 08 Oktober 2020 01:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 07 620 2290039 driver-wisata-merapi-diuji-kompetensi-agar-profesional-layani-turis-uq0Kad7r6J.jpg Wisata Merapi. (Foto: Okezone)
A A A

WISATA Lava Tour Merapi bersiap menyambut wisatawan. Para driver pun mengikuti uji kompetensi demi menjaga kenyamanan wisatawan.

Sekira 60 orang driver jeep Lava Tour Merapi dan pengemudi angkutan pariwisata di DIY mengikuti Uji Kompetensi skema Pengemudi Angkutan Orang, Rabu 7 Oktober 2020. Para pengemudi menjalani uji kompetensi, sebagai bagian dari upaya menciptakan ekosistem pariwisata yang aman dan nyaman bagi wisatawan.

Uji kompetensi diprakarsasi Lembaga Sertifikasi Profesi Transportasi Global Indonesia (LSP-TGI) bersama Lembaga Sertifikasi Profesi Otomotif Indonesia yang berdomisili di Yogyakarta. Para pengemudi mendapatkan subsidi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) secara gratis dalam Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Kerja (PSKK).

Baca Juga: Ulang Tahun Yogyakarta, Ini Tempat-Tempat Pas untuk Prewedding

jeep

Djajadi Surahman, Direktur Utama LSP-TGI menyebut kegiatan uji kompetensi diikuti 60 peserta yang dibagi dalam tiga hari penyelenggaraan. Museum Gunung Merapi di Pakem menjadi lokasi uji kompetensi bagi para driver yang selama ini memberikan layanan pada wisatawan.

“Saat ini baru 60 driver saja namun kedepan seluruh pengemudi angkutan orang dan barang akan dilakukan uji kompetensi sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 171 Tahun 2019 Tentang Pemberlakuan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Transportasi dan Pergudangan Golongan Pokok Angkutan Darat dan Angkutan Melalui Saluran Pipa Bidang Mengemudi Angkutan Bermotor mengacu pada SKKNI Nomor 269 Tahun 2014,” ungkapnya pada wartawan, dilansir Okezone dari KRJogja.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Para driver mengikuti pengujian berupa materi tertulis pengisian perangkat asesmen dan dilakukan uji teori tentang pengetahuan pengemudi. Kemudian para peserta juga melaksanakan praktik di TUK menggunakan mobil jeep dengan teknik maju, belok kanan, belok kiri, mundur, manuver dan mengelilingi jalan menuju arah kawah gunung merapi sesuai dengan rute yang ditempuh saat melakukan praktek.

“Ini sangat penting, terutama untuk menunjang keamanan serta kenyataman wisatawan. Driver harus mengetahui betul teori dan praktiknya. Sertifikasi ini juga diakui di tingkat internasional sehingga harapannya membawa manfaat bagi pengemudi maupun penumpang,” ungkapnya lagi.

Baca Juga: Pesona Malioboro Tak Pernah Pudar hingga Yogyakarta Berusia 264 Tahun

Sementara Sujiyanto yang menjadi salah satu penguji mengatakan sertifikasi yang didapatkan mendapat pengakuan dari 12 negara di Asia Tenggara.

“Ini sangat penting karena pengemudinya kompeten, penumpang dan wisatawan yang datang juga aman dan nyaman karena diakui 12 negara di Asean,” tandas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini