Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fakta Subsidi Pulsa Mahasiswa hingga Tablet Murah

Fadel Prayoga, Jurnalis · Minggu 13 September 2020 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 13 620 2276875 5-fakta-subsidi-pulsa-mahasiswa-hingga-tablet-murah-HKdfJlOpOd.jpg Smartphone (Shutterstock)

JAKARTA - Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat pola hidup masyarakat mengalami perubahan. Salah satu contohnya seperti kegiatan belajar dan mengajar yang semula melalui metode tatap muka, kini terpaksa harus melalui daring.

Aktivitas belajar secara jarak jauh itu membuat kuota internet di ponsel pintar para pelajar dan mahasiswa lebih cepat habis. Alhasil, Kemenkeu memutuskan untuk memberikan subsidi pulsa agar mereka tetap bisa menimba ilmu di tengah pandemi ini.

 Baca juga: Siap-Siap, Subsidi Pulsa Mahasiswa Cair Akhir Bulan Ini

Okezone pada Minggu (13/9/2020) merangkum beberapa fakta terkait pemberian subsidi pulsa kepada pelajar dan mahasiswa tersebut :

1. Nilai Anggarannya Rp7,21 Triliun

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Kemenkeu, Rahayu Puspasari mengatakan anggaran sebesar Rp7,21 triliun ini berasal dari anggaran tambahan sebesar Rp6,72 triliun untuk Kemendikbud dari dana cadangan APBN 2020 dan dari realokasi anggaran Kemendikbud sebesar Rp492,8 miliar.

 Baca juga: Selain Subsidi Pulsa, Pemerintah Bakal Bagi-Bagi Tablet Murah

"Subsidi pulsa untuk mahasiswa akan diperpanjang sampai Desember 2020," ujar Rahayu dalam laman Kemenkeu.

 

2. Dosen dan Guru Juga Mendapatkan Subsidi Pulsa

Subsidi kuota ini akan diberikan selama 4 bulan dari September hingga Desember 2020. Di mana sebesar 35 GB per bulan untuk 39,78 juta siswa, 50 GB per bulan untuk 8,24 juta mahasiswa. Sedangkan untuk guru 42 GB perbulan dan dosen sebesar 50 GB per bulan.

3. Tak Hanya Mahasiswa Negeri, yang Swasta pun Juga Diberikan Subsidi

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan mahasiswa perguruan tinggi swasta (PTS) akan mendapatkan bantuan subsidi pulsa. Keputusan tersebut termasuk ke dalam anggaran subsidi sektor pendidikan.

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Kemenkeu Rahayu Puspasari mengatakan, subsidi kuota internet untuk sektor pendidikan, ini ditujukan untuk membantu para mahasiswa.

4. Pemerintah juga Berencana Memberikan Tablet Murah ke Pelajar dan Mahasiswa

Pemerintah akan meluncurkan program baru berupa pemberian tablet murah kepada masyarakat. Meski begitu, pemerintah belum merinci kapan program baru itu akan direalisasikan dan berapa nilai yang nantinya digelontorkan.

"Dan ini ada salah satu program, kami lihat bagaimana menyediakan tablet murah untuk masyarakat," ujar Menteri Kordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Jakarta, Kamis (10/9/2020).

5. Akhir September Subsidi Pulsa Cair

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sekaligus Ketua Komite Penanganan Covid-19 Erick Thohir mengatakan juga akan memberikan bantuan pulsa untuk mahasiswa yang rencananya diluncurkan pada akhir bulan ini.

"Nanti ada jauh yang lebih besar ketika Mendiknas meluncurkan program bantuan pulsa buat para dosen, guru dan tentu mahasiswa dan pelajar akan di-launching-kan di akhir bulan ini. Insya Allah," kata Erick dalam video virtual.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini