Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

10 Alternatif Pengganti Tepung Terigu untuk Masakan, Apa Saja?

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Rabu 23 Desember 2020 13:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 23 620 2332780 10-alternatif-pengganti-tepung-terigu-untuk-masakan-apa-saja-6ZDiSnWgsV.jpg Ilustrasi tepung. (Foto: Racool Studio/Freepik)

TEPUNG terigu adalah bahan dasar dari roti dan cukup sering digunakan di rumah. Apalagi di masa pandemi ini, banyak yang mencoba resep makanan penutup dengan berbahan dasar tepung.

Namun, Anda tidak perlu khawatir jika kehabisan tepung terigu yang biasa dipakai. Ada alternatif tepung serbaguna yang bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu tradisional.

Baca juga: 5 Jenis Tepung Sehat Pengganti Terigu, Intip Juga Label Nutrisinya 

Dilansir dari Everyday Health, Rabu (23/12/2020), berikut ini tepung alternatif yang bisa digunakan untuk masakan dan cukup mudah ditemukan.

1. Tepung gandum utuh

Menurut The United States Department of Agriculture (USDA), Anda akan mendapat bagian bernutrisi dari inti gandum (yaitu dedak dan kuman) yang hilang dari tepung terigu serbaguna di tepung gandum utuh. Tepung ini memiliki rasa yang gurih dan memberikan tekstur yang sedikit berpasir pada muffin, quick bread, pancake, dan cookies.

Tepung. (Foto: Freepik)

2. Tepung oat

Tepung oat dibuat dengan gandum utuh yang digiling. "Memiliki lebih banyak protein dan serat daripada biji-bijian olahan yang digunakan untuk membuat tepung serbaguna," kata ahli diet terdaftar yang berbasis di New York City, Natalie Rizzo.

Oat sangat kaya akan jenis serat yang disebut betaglukan yang telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan jantung. Tepung oat menambahkan rasa oatmeal yang kaya dan tekstur selembut sutra yang paling baik untuk pancake, wafel, muffin, dan roti cepat saji lainnya. Demikian menurut Rachael Hartley RD, pelatih nutrisi di Columbia, Carolina Selatan, Amerika Serikat.

3. Tepung almond

Tepung almond adalah alternatif bebas gluten yang lezat dan bergizi untuk tepung terigu tradisional. Dikarenakan dibuat dengan almond, ia juga lebih rendah karbohidrat dan lebih tinggi lemak dan proteinnya daripada banyak jenis tepung lainnya, kata Harbstreet. Selain protein dan lemak, tepung almond menyediakan magnesium, mineral yang membantu mengatur fungsi otot dan saraf, kadar gula darah, dan tekanan darah. Demikian menurut National Institutes of Health (NIH).

Baca juga: Mau Bikin Kue Kehabisan Tepung? Ini Cara Menyiasatinya 

4. Tepung kelapa

Seperti tepung almond, tepung kelapa adalah alternatif manis dan bebas gluten dari tepung serbaguna tradisional. Ini sering dibuat dari produk sampingan santan dan menawarkan sumber serat yang kaya menurut sebuah ulasan.

5. Tepung quinoa

Menurut Dewan Nutrisi Biji-bijian dan Kacang-kacangan AS, tepung ini digiling dari quinoa, biji bergizi bebas gluten dengan rasa seperti kacang dan tanah. Quinoa bertindak sebagai sumber protein nabati yang lengkap, artinya mengandung kesembilan asam amino esensial yang tidak dapat dibuat oleh tubuh Anda sendiri. Tepung quinoa juga kaya serat, serta nutrisi seperti magnesium, zat besi, vitamin B, dan antioksidan.

6. Tepung kacang arab

Terbuat dari kacang arab (juga dikenal sebagai kacang garbanzo), tepung kacang arab memiliki rasa yang lembut dan pedas. Ini juga menawarkan banyak protein, serat, dan zat besi.

7. Tepung spelt

Spelt adalah kerabat dekat gandum namun memiliki profil protein yang lebih besar daripada gandum biasa. Tepung gandum utuh memiliki tekstur yang lebih ringan dan rasa yang lebih manis daripada tepung gandum. Seperti tepung terigu biasa, tepung spelt datang dalam varietas olahan dan gandum utuh dan mengandung gluten.

Baca juga: 4 Kombinasi Makanan yang Bisa Bantu Kamu Cepat Turunkan Berat Badan 

8. Tepung rye

Tepung gandum digiling dari rye berry, sejenis gandum dengan rasa yang dalam dan bersahaja. Semakin gelap gandum hitam, semakin banyak dedak dan kuman yang dikandungnya, sehingga semakin dekat dengan biji-bijian utuh. Rye yang lebih gelap juga akan memiliki rasa asam yang lebih kuat dan tekstur yang lebih kental daripada varietas yang lebih ringan.

9. Tepung soba

Soba bukanlah jenis gandum tetapi "sereal semu" bebas gluten. Soba kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan, dan dapat membantu menurunkan kolesterol, menurut ulasan yang diterbitkan pada Juni 2014 di The Journal of Agricultural Science. Ini juga mengandung konsentrasi tinggi dari sebagian besar asam amino esensial, termasuk lisin, menurut penelitian.

10. Tepung millet

Tepung ini dibuat dengan millet, biji-bijian bebas gluten yang mirip dengan soba. Millet memiliki rasa yang ringan dan sedikit pedas. Ini juga rendah lemak dan tinggi vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini