Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Olahraga Lari dan Jalan, Mana Lebih Sehat?

Muhammad Ali Hafizhuddin, Jurnalis · Selasa 05 Januari 2021 08:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 04 620 2338804 olahraga-lari-dan-jalan-mana-lebih-sehat-iC6VL3X3fS.jpg Ilustrasi olahraga jalan sehat. (Foto: Katemangostar/Freepik)
A A A

BANYAK orang masih bingung memilih antara olahraga lari atau jalan sehat. Mereka belum mengetahui mana di antara dua olahraga tersebut yang lebih menyehatkan.

Namun belakangan ini sering dilihat banyak orang senang melakukan olahraga lari. Memang olahraga ini selalu menjadi andalan seseorang untuk menjaga kesehatannya, apalagi selama pandemi covid-19 ini.

Baca juga: Lakukan Teknik Pernapasan Ini Supaya Tidak Sesak saat Olahraga Lari 

Tapi terkadang ada juga yang memilih jalan-jalan di pagi atau sore hari. Meski begitu, olahraga lari dan jalan adalah dua bentuk latihan paling populer di kalangan penggemar kebugaran, karena sama-sama meningkatkan metabolisme, meningkatkan kesehatan jantung, memperkuat otot, dan manfaat kesehatan lainnya.

Olahraga lari dan jalan menawarkan banyak manfaat kesehatan. Kardio membantu Anda menurunkan berat badan, meningkatkan stamina, meningkatkan kekebalan, mengelola kondisi kronis, dan memperkuat jantung. Ini juga baik untuk kesehatan mental serta membantu mengurangi kecemasan dan depresi.

Dengan begitu banyak manfaat dari olahraga lari dan jalan. Lalu Anda mungkin sulit memilih yang akan membantu menurunkan berat badan. Untuk membantu Anda memilih salah satunya, berikut Okezone paparkan perbedaannya, seperti dirangkum dari Healthsite.

1. Berjalan memiliki dampak lebih kecil dari lari

Sebagai permulaan, berjalan adalah bentuk latihan senam yang kurang intens daripada berlari yang dapat membantu seseorang untuk menjaga bentuk tubuhnya. Ini didefinisikan sebagai berjalan dengan kecepatan kurang dari 3 mil atau 5 kilometer per jam.

Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa latihan kardio berdampak rendah ini dapat bermanfaat dalam lebih dari satu cara. Ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, hipertensi, dan menjaga kesehatan mental Anda.

Baca juga: Viral Wanita Lari 1,6 Km dalam Kondisi Hamil Tua 

2. Berjalan memiliki kemungkinan cedera lebih kecil dari berlari

Ketika berbicara tentang berjalan, ini adalah latihan intensitas rendah yang menghasilkan lebih sedikit cedera daripada olahraga lainnya. Penelitian telah menemukan bahwa cedera lari dapat menyebabkan masalah seperti osteoartritis, terutama pada lutut.

Pelari yang pernah mengalami cedera akibat berlari, lebih mungkin mengalami kerusakan permanen. Bagi mereka yang lebih rentan cedera, sebaiknya memilih jalan kaki dibandingkan berlari untuk berolahraga.

3. Membakar lebih banyak kalori dengan berlari

Berlari membantu Anda membakar kalori dua kali lipat dibandingkan dengan berjalan. Namun bukan berarti jalan kaki tidak membakar kalori sama sekali. Tidak semua orang dapat mempertahankan kecepatan yang diperlukan saat berlari untuk mendapatkan kebugaran. Faktanya, Anda mungkin bisa membakar lebih banyak kalori dengan latihan berjalan yang rutin.

Jalan cepat misalnya, dengan melakukan ini bisa meningkatkan detak jantung dan membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Daya yang dikeluarkan untuk berjalan cepat, biasanya 3 hingga 5 mph dan ini memiliki hasil yang mirip dengan berlari.

Follow Berita Okezone di Google News

4. Keduanya meningkatkan kesehatan jantung

Tentu saja lari menuntut Anda bekerja lebih keras, artinya akan membuat jantung lebih sehat. Namun, penelitian juga menunjukkan bahwa berjalan kaki secara teratur juga dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular pada manusia. Jadi lebih baik melakukan semacam latihan kardio daripada tidak sama sekali jika Anda ingin menjaga kesehatan jantung Anda.

Baca juga: Jalan Kaki 8.000 Langkah Sehari, Turunkan Risiko Kematian Dini 

5. Lari lebih cepat menurunkan berat badan

Berlari jelas merupakan cara yang lebih baik untuk menurunkan berat badan. Tetapi ini adalah latihan berdampak tinggi yang bisa lebih berat bagi tubuh Anda dan dapat menyebabkan cedera.

Jadi, jika Anda baru dalam olahraga, jalan kaki adalah pilihan cerdas yang akan membantu tetap bugar. Apa pun yang Anda pilih, pastikan memeriksakan diri ke dokter sebelum memulai rutinitas olahraga baru.

Olahraga lari. (Foto: Fotorech/Pixabay)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini