Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Ampuh Samarkan Bekas Jerawat, Salah Satunya Konsumsi Vitamin C

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Senin 18 Januari 2021 08:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 620 2346158 tips-ampuh-samarkan-bekas-jerawat-salah-satunya-konsumsi-vitamin-c-0eu8la8ZGs.jpg Ilustrasi bekas jerawat di wajah. (Foto: Kamran Aydinov/Freepik)

SEBAGIAN wanita ataupun pria mungkin memiliki wajah yang mudah timbul jerawat. Mengatasinya mungkin menjadi sebuah masalah. Tetapi, hal yang paling sulit adalah menyamarkan noda atau bekas jerawat. Ini menjadi suatu masalah lain dalam menanganinya.

Membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menghilangkan bekas jerawat. Oleh karena itu, guna mempercepat proses penyembuhan, ikuti langkah-langkah berikut, sebagaimana dikutip dari Times of India.

Baca juga: Dokter Ayman Alatas Kasih Tips untuk Terhindar dari Jerawat Membandel 

Ilustrasi tabir surya

1. Gunakan tabir surya

Paparan sinar matahari secara langsung dapat menghambat menyamarkan bekas jerawat. Pastikan Anda menggunakan tabir surya dengan SPF yang dibutuhkan. Bekas luka baru rentan terhadap lebih banyak kerusakan akibat sinar matahari.

2. Pilih produk yang sesuai dengan kulit

Cari produk perawatan kulit dengan AHA (alpha hydroxy acid), glycolic acid, BHA (beta hydroxy acid), dan asam salisilat. Dari pembersih hingga eksfoliator, penggunaan rutin bahan-bahan ini akan membantu meremajakan kulit Anda dan memudarkan bekas luka yang membandel.

Baca juga: 5 Cara Atasi Jerawat di Area Rahang dan Dagu Tanpa Ribet 

3. Konsumsi vitamin C

Asam askorbat dalam vitamin C berfungsi meningkatkan kejernihan kulit. Ini membantu melawan radikal bebas dan memudarkan bintik-bintik berpigmen pada kulit. Anda dapat mencari serum terkonsentrasi tinggi.

Vitamin C

Baca juga: 7 Cara Hilangkan Jerawat Punggung, Cukup Manjur Lho 

4. Perawatan intensif

Jika Anda mengalami noda membandel dan cara yang sudah Anda lakukan tidak ada yang berhasil, konsultasikan dengan dokter kulit. Ada banyak perawatan intensif seperti Intense Pulsed Light (IPL), mikrodermabrasi, hingga chemical peeling yang telah berhasil menghilangkan bekas luka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini