Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Sakit Diabetes, Terapkan 6 Cara Alami Ini

Adella Christyanti, Jurnalis · Rabu 03 Februari 2021 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 03 620 2355721 cegah-sakit-diabetes-terapkan-6-cara-alami-ini-KQ1Iboy5MM.jpg Sakit diabetes bisa dicegah dengan cara-cara alami. (Foto: Tumisu/Pixabay)
A A A

MENCEGAH sakit diabetes bisa dilakukan dengan beberapa cara. Di antaranya adalah menjaga pola makan dan kehidupan sehari-hari.

Sakit diabetes sendiri ditandai dengan naiknya kadar gula di dalam darah. Biasanya sakit diabetes berkaitan dengan faktor keturunan hingga obesitas.

Baca juga: Banyak Makan Telur dalam Sehari Tingkatkan Risiko Diabetes, Benarkah? 

Pencegahan sakit diabetes dilakukan berdasarkan tipenya. Pada diabetes tipe 1 sulit dilakukan karena berhubungan dengan faktor genetik, kemudian diabetes tipe 2 yang umumnya bermula dari gaya hidup tidak sehat dan masih bisa dicegah.

Cara mencegah sakit diabetes adalah dengan fokus menjaga kadar gula supaya tetap normal. Ini tenyata ada cara alaminya lho. Berikut 6 cara alami mencegah sakit diabetes, sebagaimana dinukil dari Gundersen Health.

Ilustrasi sakit diabetes. (Foto: Shutterstock)

1. Perhatikan porsi makan

Hindari porsi makan besar karena dapat membantu menurunkan insulin dan kadar gula darah serta menurunkan risiko diabetes. Makan terlalu banyak pada satu waktu terbukti menyebabkan kadar gula darah serta insulin lebih tinggi pada orang yang berisiko diabetes.

2. Kurangi gula dan karbohidrat olahan dari makanan

Kurangi konsumsi gula dan makanan yang tinggi karbohidrat olahan, sebab bisa meningkatkan kadar gula dan insulin yang bisa menyebabkan diabetes seiring waktu. Contoh karbohidrat olahan adalah roti putih, kentang, dan banyak sereal sarapan. Sebaliknya, batasi gula dan pilih karbohidrat kompleks seperti sayuran, oatmeal, serta biji-bijian.

Baca juga: Penderita Diabetes Mau Makan Manis? Baca Ini Dulu 

3. Makanan serat

Serat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan usus dan pengelolaan berat badan. Mengonsumsi sumber serat yang baik setiap kali makan dapat membantu mencegah lonjakan gula darah dan kadar insulin yang bisa membantu mengurangi risiko terkena diabetes.

4. Banyak minum air

Minum air tawar sebagai pengganti minuman lain dapat membantu mengontrol gula darah dan kadar insulin, sehingga mengurangi risiko diabetes. Selalu minum air tawar untuk menghindari minuman yang tinggi gula, pengawet, dan bahan yang tidak dibutuhkan lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

5. Rajin olahraga

Cobalah lebih aktif seperti dengan berjalan-jalan, olahraga angkat beban atau berenang selama 30 menit dalam lima hari seminggu. Jika tidak bisa melakukannya atau sangat sedikit aktivitas fisik, duduk sepanjang hari, maka Anda menjalani gaya hidup yang kurang baik.

Baca juga: Gula Darah Turun Bukan Berarti Diabetes Sembuh 

6. Setop merokok

Setop merokok sekarang juga. Merokok bisa menyebabkan resistensi insulin yang memicu diabetes tipe 2. Berhenti merokok telah terbukti mengurangi risiko diabetes tipe 2 dari waktu ke waktu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini