Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Kurangi Masalah Jantung dan Diabetes, Minyak Zaitun Juga Cegah Osteoporosis

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 13:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 620 2398347 selain-kurangi-masalah-jantung-dan-diabetes-minyak-zaitun-juga-cegah-osteoporosis-ctxP51qf20.jpg Minyak zaitun. (Foto: Congerdesign/Pixabay)

MANFAAT minyak zaitun untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Minyak zaitun memiliki banyak nutrisi utama yang menjadi andalan orang-orang untuk hidup lebih sehat.

Minyak zaitun dibuat dari buah pohon zaitun yang secara alami kaya asam lemak sehat. Ada beberapa jenis minyak zaitun yang beredar di pasaran saat ini, termasuk minyak zaitun extravirgin, minyak zaitun virgin, dan minyak zaitun biasa.

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat minyak zaitun extravirgin lebih melimpah daripada jenis lainnya. Dikutip dari laman Stockland, Rabu (21/4/2021), berikut deretan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca juga: 4 Khasiat Minyak Zaitun untuk Kecantikan, Bisa sebagai Sunblock 

1. Mengurangi tekanan darah tinggi

Studi terbaru menunjukkan bahwa konsumsi minyak zaitun secara teratur dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

2. Mengurangi masalah jantung dan diabetes

Minyak zaitun alami mengandung 70 persen asam lemak tak jenuh. Minyak zaitun menurunkan penumpukan kolesterol dalam darah dan mengurangi masalah jantung. Minyak zaitun juga mengurangi risiko diabetes dan aterosklerosis.

Minyak zaitun. (Foto: Stevepb/Pixabay)

3. Menyehatkan sistem pencernaan

Minyak zaitun dikenal membantu proses pencernaan. Minyak ini digunakan sebagai obat untuk membersihkan saluran pencernaan dan meningkatkan pergerakan usus.

4. Meningkatkan metabolisme

Minyak zaitun meningkatkan metabolisme, pertumbuhan struktur tulang yang baik, dan perkembangan otak pada anak-anak. Ini adalah sumber vitamin E yang sangat baik dan sangat bermanfaat bagi orang tua.

Baca juga: Minyak Zaitun Cocok untuk Pijat, Ini Khasiat yang Diberikan 

5. Memperkuat dinding sel yang sehat

Minyak zaitun mengandung polifenol yang membantu memperkuat dinding sel. Ini juga meningkatkan elastisitas dinding arteri dan melindungi jantung.

6. Melindungi dari osteoporosis

Konsumsi minyak zaitun yang tinggi akan memberikan mineral dan menghindari pengapuran tulang. Ini membantu penyerapan kalsium dan memainkan peran penting dalam membantu penderita dan mencegah timbulnya osteoporosis.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini