Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenkes Sebut Ada 3 Orang yang Kontak Erat dengan Pasien Cacar Monyet

Kevi Laras, Jurnalis · Selasa 23 Agustus 2022 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 23 620 2653097 kemenkes-sebut-ada-3-orang-yang-kontak-erat-dengan-pasien-cacar-monyet-zolNAbZrtH.jpg Ilustrasi Cacar Monyet. (Foto: Reuters)

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) menemukan pasien positi cacar Monyet yang masuk ke Indonesia. Pasien tersebut merupakan WNI berjenis kelamin pria dan berusia 27 tahun.

Diketahui, pasien tersebut mengalami keluhan kesehatan ringan beberapa hari setelah kembali ke Indonesia pada tanggal 8 Agustus 2022 lalu. Sementara itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mengatakan ada tiga orang yang kontak erat dengan pasien tersebut.

Kepala Dinkes DKI Jakarta Widyastuti menegaskan kondisi tiga orang tersebut dalam kondisi baik. Lebih lanjut, Dinas Kesehatan mengatakan terus memantau kondisi tiga orang tersebut.

โ€œPasien cukup kooperatif dan terbuka dengan tim kami. Kondisi pasien juga sudah membaik,โ€ ucap dr. Widyastuti, MKM, dikutip MNC Portal Indonesia.

Sementara itu, Dinas Kesehatan DKI Jakarta akan terus melakukan sosialisasi kewaspadaan Cacar Monyet kepada masyarakat dan Tenaga Kesehatan. Masyarakat, dihimbau tidak perlu panik namun tetap waspada dan tetap melaksanakan protokol kesehatan serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Sebelumnya, Juru Bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengatakan, ada satu warga positif terdeteksi positif cacar monyet. Saat ini, sambung Syahril, pasien saat ini dalam perawatan isolasi mandiri, tidak dirawat di rumah sakit.

Menurutnya, karena pasien bergejala ringan, sehingga dia tidak diisolasi di rumah sakit. Pasien saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Dalam penjelasannya, Syahril mengungkap beberapa gejala yang dialami pasien tersebut, antara lain:

- Demam

- Pembengkakan getah bening

- Ruam

- Lesi dibagian wajah, muka dan alat genital

Menurut Syahril, dalam hitungan dua hari setelah cek PCR tadi malam hasilnya keluar ternyata positif dan bergejala ringan. Sehingga tidak perlu diisolasi di ICU atau rumah sakit cukup isoman di rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini