Share
Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Paranoid Corona Bikin Orang-Orang Lakukan Hal Tak Masuk Akal

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 03 April 2020 20:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 03 620 2193842 paranoid-corona-bikin-orang-orang-lakukan-hal-tak-masuk-akal-j0KhqWoKUo.jpg Ilustrasi Alat Pelindung Diri (Foto: AFP)
A A A

Tak sedikit orang paranoid alias takut terpapar virus corona saat keluar rumah. Alhasil, muncul aksi konyol hingga menyebalkan di kalangan masyarakat.

Kekhawatiran tertular virus corona COVID-19 sebenarnya wajar. Namun, sayangnya jika terlalu berlebihan pastinya membuat orang lain mengganggu.

Dijelaskan Psikolog Ratih Ibrahim, paranoid itu merupakan gangguan yang bisa dimengerti. "Paranoid ini understandable, tapi namanya gangguan," kata Ratih saat dihubungi Okezone, Jumat (3/4/2020).

Lebih lanjut, kata Ratih, seseorang dapat mengalami paranoid karena sangat takut terpapar virus corona. Terlebih mendengar berita yang terlalu masif, sehingga berdampak kepada paranoid.

(Baca Juga : Benda-Benda di Rumah yang Perlu Disemprot Disinfektan)

Bila seseorang mengalami paranoid, tentu dampaknya seperti mengalami hal-hal menakutkan. Sayangnya, kondisi paranoid seperti ini sulit diterima bagi orang-orang yang mengalami hipokandria alias kecemasan yang berlebihan. "Bagi orang normal aja nakutin. Apalagi yang sudah punya kecenderungan hipokondriak. Makin parah gangguan di orang tersebut," tuturnya.

Maka, tak heran jika muncul aksi-aksi nyata orang paranoid berlebihan dengan virus corona COVID-19 ini. Dirangkum Okezone, berikut ulasan selengkapnya.

(Baca Juga : Semprot Disinfektan Efektif Bunuh Virus Corona atau Justru Berbahaya?)

Viral ke supermarket memakai Alat Pelindung Diri

Pekan lalu masyarakat dihebohkan dengan dua orang, laki-laki dan perempuan, pergi ke supermarket di ibu kota untuk berbelanja. Mungkin saking paranoidnya dengan virus corona, mereka memakai APD saat berbelanja kebutuhan pokok.

(Baca Juga : Awas, Ternyata Menyemprotkan Disinfektan ke Seluruh Tubuh Bahayakan Kesehatan)

Aksinya viral karena jelas mengganggu orang lain di sekitarnya. Sampai mereka sempat ditegur petugas keamanan supermarket, tapi malah menolak dan membentak. Lalu untuk kedua kalinya, mereka diusir dari supermarket karena aksinya yang terlalu berlebihan itu.

Follow Berita Okezone di Google News

Menolak jenazah corona COVID-19

Jenazah pasien corona COVID-19 memang masih dapat menularkan virus corona. Karenanya, keluarga atau kerabat dekat tak boleh langsung menghadiri proses pemakaman lebih dekat.

Dari situlah muncul stigma di kalangan masyarakat, sehingga akhirnya beberapa warga menolak jenazah corona COVID-19 untuk dimakamkan di dekat permukiman mereka. Di Banyumas, Jawa Tengah, misalnya, aksi penolakan jenazah corona COVID-19 sampai berujung pembongkaran makam. Tentunya aksi semacam ini salah satu bagian dari paranoid. Jangan ditiru ya!

Buka baju di depan rumah

Duh, kalau yang satu ini pasti bikin Anda geleng-geleng kepala. Saking takutnya membawa virus corona ke dalam rumah, istri pesepak bola Angel Di Maria, Jorgelina Cardoso pun ikut paranoid. Cardoso buka baju di depan rumah, saking takutnya menularkan virus corona ke orang-orang yang berada di rumahnya.

Aksi ini ia lakukan sepulang belanja makanan di supermarket. Bahkan Cardoso juga langsung bersih-bersih diri untuk meminimalisir penularan virus corona. Kalau di sini, Anda jangan mengikuti ya, yang ada malah mengganggu kenyamanan orang lain, Okezoners!

Belanja pakai kostum T-rex

Kalau sebelumnya ada dua orang mengenakan APD untuk berbelanja, ada lagi aksi lucu lainnya yang dilakukan oleh orang-orang yang paranoid. Ya, ada orang berbelanja di supermarket menggunakan kostum T-rex. Mungkin Anda antara ingin tertawa dan takut diterkam, ya.

Kejadian ini terekam kamera dan viral di media sosial. Jika dilihat dari foto-foto yang beredar, orang yang memakai kostum ini tampak santai saja dan bahagia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini