Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deretan Makanan Sehat untuk Pasien DBD, Percepat Proses Penyembuhan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 19 Januari 2021 05:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 18 620 2346518 deretan-makanan-sehat-untuk-pasien-dbd-percepat-proses-penyembuhan-spA6fs6k16.jpg Ilustrasi pasien DBD. (Foto: Shutterstock)

KETIKA musim hujan tiba biasanya penyakit demam berdarah dengue (DBD) juga melanda. Pasalnya, banyak nyamuk berkembang biak, termasuk Aedes aegypti yang membawa virus demam berdarah.

Doktor Perran Stott-Ros, ahli entomologi dari University of Melbourne, mengatakan virus dengue ditularkan oleh nyamuk betina terutama dari spesies Aedes aegypti. Untuk mengurangi dan mencegah persebaran virus, penting menyingkirkan tempat-tempat di mana nyamuk dapat berkembang biak.

Baca juga: Yuk Kenali Lagi Gejala DBD, Kerap Menyerang di Musim Hujan 

Meski demikian, tindakan pencegahan dengan 3M yakni menguras dan menutup penampungan air serta mengubur barang bekas dinilai belum cukup. Jika telanjur terinfeksi, pasien DBD bisa mengonsumsi makanan sehat yang bisa membantu Anda mengatasi hal yang sama.

Apa saja makanan sehat tersebut? Berikut rinciannya, seperti dirangkum dari Times of India, Senin (18/1/2021).

Buah delima

1. Delima

Delima adalah sumber zat besi yang sangat bermanfaat untuk darah. Dari memberi tubuh energi maksimal hingga mempertahankan jumlah trombosit darah yang normal, delima dapat membantu mengurangi kelelahan saat menderita demam berdarah.

2. Bubur

Bubur yang sehat berpotensi menjaga kekuatan tubuh bagian dalam, mudah ditelan dan dicerna, serta memiliki nutrisi efektif yang membantu mencegah virus.

Baca juga: Ilmuwan Berencana Perangi Demam Berdarah Dengue dengan Bakteri Wolbachia 

3. Daun pepaya

Daun pepaya dikenal dengan khasiat antimalaria dan penyembuhannya yang dapat membantu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Ini jadi sangat penting bagi orang yang menderita demam berdarah. Langkah yang perlu dilakukan yakni mengambil dua lembar daun pepaya segar, hancurkan dan peras, lalu ekstrak sarinya.

4. Buah kiwi

Buah kiwi mengandung banyak vitamin A, vitamin E, bersama dengan kalium untuk menyeimbangkan elektrolit tubuh membatasi tekanan darah tinggi. Buah kiwi yang kaya tembaga membantu membangun sel darah merah yang sehat dan memastikan kekebalan yang tahan lama.

5. Brokoli

Dikemas dengan vitamin K dan sifat antioksidan, brokoli dapat membantu menghasilkan trombosit darah yang sangat diperlukan bagi penderita demam berdarah.

Baca juga: Peneliti Indonesia Temukan Solusi Hentikan Wabah DBD 

Brokoli. (Foto: Shutterbug75/Pixabay)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini